Vaksinasi Covid-19 di Trenggalek, Bupati Arifin Disuntik Sinovac Pertama Kali

Vaksinasi Covid-19 di Trenggalek, Bupati Arifin Disuntik Sinovac Pertama Kali Bupati Arifin saat disuntik vaksin Covid-19 di Pendopo Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengggelar pencanangan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin Sinovac di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek, Jumat (29/1).

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin merupakan orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Selanjutnya, Wakil Ketua DPRD Trenggalek Doding Rachmadi, Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Sembiring, Kajari Trenggalek Darfiah, dilanjutkan pada tenaga medis serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin dalam sambutannya mengingatkan, jika transmisi lokal penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek cukup tinggi.

"Transmision rate kita juga cukup tinggi, hampir dua. Satu koma sekianlah, hampir dua. Artinya satu orang yang positif itu punya kecenderungan menulari dua orang yang lain," ungkapnya.

Menghadapi situasi ini, Bupati Arifin mengajak masyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Pihaknya juga mengintensifkan operasi yustisi, di samping mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat agar memberikan imbauan tentang pentingnya penerapan 3M, menjaga imun, olahraga, serta memakan makanan yang bergizi.

Selain displin wilayah, Arifin mengajak agar seluruh masyarakat Trenggalek melakukan pembatasan atau pemilahan risiko di dalam keluarga dengan cara memasifkan tracing. Ia juga meminta kepada Sekda Trenggalek untuk segera menambah jumlah fasilitas asrama Covid-19 dan rumah sakit darurat.

Diketahui, saat ini jumlah rumah sakit darurat yang tersedia sebanyak 4 tempat yang tersebar di 4 puskesmas. Rencananya, akan ditambah 3 hingga 5 rumah sakit darurat dengan memanfaatkan bangunan sekolah.

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO