Kamis, 25 Februari 2021 20:31

​Gubernur Sumsel Tagih Buku Kiai Asep "Kiai Besar Bin Kiai Besar"

Senin, 08 Februari 2021 11:28 WIB
Editor: Tim
Wartawan: MMA
​Gubernur Sumsel Tagih Buku Kiai Asep "Kiai Besar Bin Kiai Besar"
Kiai Asep saat memberikan buku "Kiai Besar Bin Kiai Besar" kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

PALEMBANG, BANGSAONLINE.com - Ada peristiwa kecil tapi menarik seusai Pengukuhan Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) dan Pelantikan Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sumatra Selatan (Sumsel) di Griya Agung Palembang, Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Ahad (7/2/2021).

Saat itu, Prof. Dr. K.H. Asep Saifuddin Chalim, M.A., dan Gubernur Sumsel H. Herman Deru diminta foto bersama dengan pengurus Pergunu Sumsel. Tiba-tiba, Gubernur Sumsel Herman Deru nyeletuk. "Mana, katanya saya mau diberi buku," tanya Gubernur Herman Deru kepada pengurus Pergunu di depan Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Menanggapi hal tersebut, panitia pelantikan tersentak langsung mengambil buku berjudul Kiai Besar Bin Kiai Besar yang lalu diberikan kepada Kiai Asep, dan Kiai Asep pun memberikan buku tersebut kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Buku itu berisi tulisan Dahlan Iskan tentang kisah sukses Kiai Asep Saifuddin Chalim. Dahlan Iskan, wartawan kawakan dan mantan Menteri BUMN itu menulis artikel berjudul Kiai Besar Bin Kiai Besar dimuat di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com. HARIAN BANGSA adalah surat kabar yang berkantor pusat di Surabaya namun beredar di seluruh Jawa Timur dan sebagian di Jawa Tengah, sedangkan BANGSAONLINE.com adalah media siber satu grup dengan HARIAN BANGSA.

Dalam tulisan itu, Dahlan Iskan--yang dikenal sebagai penulis genial dan produktif--menceritakan tentang cerita sukses Kiai Asep Saifuddin Chalim dalam mendirikan dan mengelola Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Surabaya dan Pacet Mojokerto, Jawa Timur.

Selain itu, Dahlan Iskan juga menyebut bahwa Kiai Asep adalah putra K.H. Abdul Chalim Luwimunding, salah satu kiai yang ikut mendirikan Nahdlatul Ulama (NU) bersama Hadratussyaikh K.H. M. Hasyim Asy'ari dan K.H. A .Wahab Hasbullah serta para kiai lain. Karena itu, tulisan tersebut oleh Dahlan Iskan diberi judul Kiai Besar Bin Kiai Besar. Tulisan Dahlan Iskan ini dibukukan bersama tulisan lain dengan editor Djoko Pitono dan Ahmad Lazim.

Kiai Asep bersama rombongan berkunjung ke Sumatra Selatan dalam rangka pelantikan pengurus Pergunu dan jadi pembicara dalam sarasehan, di samping ceramah di pesantren. Kiai Asep menjadi pembicara sarasehan tentang pendidikan bersama Dr. Fadly Usman, Dosen Universitas Brawijaya Malang.

Sementara itu, pada hari ini (Senin, 8/2/2021), agenda Kiai Asep yakni melantik Pergunu Lubuk Linggau, kota paling barat di Provinsi Sumatra Selatan. Kiai Asep juga diagendakan bertemu Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe.

Kiai Asep dan rombongan datang ke Sumatra Selatan sejak Sabtu (6/2/2021) lalu. Kiai Asep ke Sumatra Selatan, selain bersama istrinya, Nyai Alif Fadilah dan putrinya, Ning Zahroh, juga ada Wakil Ketua Umum Pergunu dan Dosen Universitas Brawijaya Dr. Fadly Usman, Wakil Ketua PCNU Kota Surabaya K.H. Fathurrohman, Wakil Ketua PP Pergunu Aris Adi Leksono, Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto Muhammad Santoso, dan Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com M. Mas'ud Adnan. (mma/*)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...