Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Tolak Rencana Impor Beras

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Tolak Rencana Impor Beras Ayni Zuroh, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kritikan dan penolakan terus bergulir terhadap wacana dengan jumlah sangat besar yang dilakukan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan. Penolakan itu juga datang dari Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, .

Ayni dengan tegas menolak terhadap wacana . Menurutnya, untuk tahun ini tidak ada defisit beras di tanah air. Ketua DPRD ini mengatakan, akan berimbas kepada para petani yang saat ini sedang musim panen.

"Untuk mengedepankan nasib para petani, kami pada dasarnya menolak wacana . Tidak ada alasan bagi kami menerima wacana . Sebab, untuk sementara tidak ada defisit beras di Indonesia," jelasnya.

Data Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, bahwa panen raya di bulan Maret-April ini akan menghasilkan 11,5 ribu ton beras. Jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan beras untuk pasar lokal di Kabupaten Mojokerto.

"Mengingat ini musim panen, jadi kita tidak mau ini berimbas kepada petani nanti pada saat mereka itu mau memanen," sambungnya.

Adapaun harga gabah petani saat ini mencapai Rp 4.200 per kilonya. "Dikhawatirkan apabila ada akan terjadi penurunan harga bagi para petani. Apalagi dengar impor, harga gabah itu akan turun," tegasnya.

Disinggung mengenai fungsi pengawasan pupuk subsidi, Ayni menekankan pada pentingnya aspek data dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). "Kita ingin PPL yang di desa-desa itu digerakkan lagi, harus ada laporan yang jelas dari bawah itu. Harus tahu kebutuhan pupuk," tukasnya. (adv/ris)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO