Kamis, 15 April 2021 03:37

Jelang Paskah, Polres Blitar Perketat Pengamanan di Gereja-gereja

Rabu, 31 Maret 2021 17:25 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Jelang Paskah, Polres Blitar Perketat Pengamanan di Gereja-gereja
Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Buntut bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, aparat kepolisian bakal memperketat pengamanan di tempat-tempat ibadah seluruh wilayah hukum masing-masing.

"Pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kesiapsiagaan markas komando (mako) dan personel. Baik mapolres maupun mapolsek. Baik polres dan polsek akan dijaga lebih ketat. Semua fungsi pengawasan diperketat seperti CCTV dipastikan semua berjalan," ujar Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela, Rabu (31/3/2021).

Antisipasi selanjutnya yang dilakukan Polres Blitar dan jajarannya adalah pengamanan kegiatan ibadah di gereja menjelang Paskah. Pihaknya telah mendata gereja-gereja yang menggelar ibadah. Mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan puncaknya pada hari Minggu.

"Perayaan Paskah kami mendata gereja-gereja yang menggelar rangkaian ibadah. Akan kami amankan seluruhnya mulai Kamis Putih," tegasnya.

BACA JUGA : 

Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

Gempa Malang Rusak 369 Bangunan di Blitar dengan Total Kerugian Rp1,3 Miliar

200 Lebih Rumah Warga di Kabupaten Blitar Dilaporkan Rusak Akibat Gempa

11 Orang di Kabupaten Blitar Luka-luka Akibat Gempa

"Perayaan Paskah kami mendata gereja-gereja yang menggelar rangkaian ibadah. Akan kami amankan seluruhnya mulai Kamis Putih," tegasnya.

Polres Blitar juga mengandeng Banser, organisasi masyarakat (ormas) dan stakeholder tiga pilar untuk membantu mengamankan jalannya ibadah. "Kami harap masyarakat tetap tenang, tidak perlu takut. Prinsipnya, kami TNI dan Polri bekerja keras untuk mengamankan aktivitas masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, AKBP Leonard mengatakan, polisi menerima banyak dukungan bahwa aksi terorisme bukan atas nama agama apapun. Melainkan tindak kejahatan yang harus diperangi oleh semua entitas masyarakat dan kepolisian. "Ini tindakan yang harus diperangi. Diperangi kepolisian, diperangi seluruh entitas masyarakat," ujarnya.

Sementara soal pencegahan aktivitas yang terkait dengan sel-sel terorisme khususnya di Kabupaten Blitar, ia mengatakan sudah ada mapping sehingga pencegahan bisa dilakukan secara maksimal. Leo memastikan pihak kepolisian terus bekerja. Seperti penangkapan terduga teroris di Tulungagung dan Nganjuk oleh Densus Antiteror 88 kemarin. (ina/ian)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...