Teken MoU, UNDP dan Indosat Kerja Sama Percepat Pemulihan Pandemi

Teken MoU, UNDP dan Indosat Kerja Sama Percepat Pemulihan Pandemi United Nations Development Programme (UNDP) dan Indosat Ooredoo menandatangani MoU penanggulangan pandemi Covid-19 dan percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia menggunakan teknologi digital inovatif. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - United Nations Development Programme (UNDP) dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) penanggulangan pandemi Covid-19 dan percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia menggunakan teknologi digital inovatif.

Berdasarkan MoU tersebut, UNDP dan akan melakukan survei publik untuk memahami dampak pandemi Covid-19 di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kedua entitas tersebut juga sepakat untuk meningkatkan kapasitas wirausahawan perempuan di Indonesia.

Kepala Perwakilan Norimasa Shimomura mengatakan, UNDP berupaya menjalin kerja sama dengan mitra nonkonvensional seperti sektor swasta, untuk mendukung upaya Indonesia dalam mencapai SDGs. Ini juga memperluas rencana UNDP untuk memanfaatkan teknologi digital dan menghasilkan solusi inovatif.

"Kami sangat senang memasuki kemitraan baru ini dengan . Kemitraan ini akan memberikan akses ke jaringan digital yang luas dan berbagai solusi inovatif ," katanya, Rabu (31/3/2021).

"Perangkat digital jelas merupakan pendorong baru untuk pembangunan dan kami sudah melihat beberapa hasil positif inovasi digital. Kemitraan digital yang kuat sangat penting untuk menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dan memastikan tidak seorang pun tertinggal," sambungnya.

Shimomura menambahkan, survei publik tentang UMKM akan menindaklanjuti studi UNDP sebelumnya terhadap 1.180 UMKM di 15 provinsi pada tahun 2020 yang bekerja sama dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia.

Studi tersebut mengonfirmasi keganasan dan kedalaman pandemi Covid-19 bagi perekonomian Indonesia, sembilan dari sepuluh UMKM mengalami penurunan permintaan produk mereka selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, President Director and CEO Ahmad Al-Neama mengatakan, kemitraan dengan UNDP semakin memperkuat komitmen untuk mempercepat pemulihan Covid-19 yang memungkinkan Mobil Klinik Indosat memberikan akses yang lebih luas ke vaksin gratis bagi masyarakat di Jawa dan Bali.

"Melalui kemitraan ini, kami berupaya memberikan kontribusi yang signifikan untuk mendukung kebangkitan Indonesia sebagai bangsa yang lebih tangguh di masa depan. Dan tentunya untuk berbagi semangat kebersamaan karena kita ,” ujarnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO