Kamis, 13 Mei 2021 13:03

Sekda Trenggalek Tegaskan ADD Tidak Dipangkas, Ketua AKD Puas

Senin, 12 April 2021 20:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Sekda Trenggalek Tegaskan ADD Tidak Dipangkas, Ketua AKD Puas
Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Joko Irianto. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kabar adanya refocusing ADD (Alokasi Dana Desa) oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Kabupaten Trenggalek untuk penanganan Covid-19 akhirnya ditanggapi Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Joko Irianto.

Ia menegaskan, tidak ada refocusing untuk ADD. Hal itu ia sampaikan ketika mengikuti Rapat Kerja Badan Anggaran DPRD Trenggalek dengan TAPD dan OPD calon penerima relokasi dana penanganan Covid-19 di Gedung DPRD Trenggalek, Senin (12/4/2021).

"Oh tidak, tidak, tidak (tidak dipotong), tetap utuh ADD," ungkap Joko usai mengikuti rapat kerja di Gedung DPRD Trenggalek.

Lantaran batal me-refocusing ADD, kata Joko, pihaknya akan melakukan penyisiran dana dari OPD yang lain untuk menutup kekurangan anggaran penanganan Covid-19 senilai Rp5 miliar.

BACA JUGA : 

Program Insentif Rp200 Ribu untuk Keluarga Sehat Tuai Pertanyaan Wakil Ketua DPRD Trenggalek

Keluarga Sehat di Trenggalek Bakal Dapat Insentif 200 Ribu Tiap Bulan, Mau? Simak Syaratnya

Libur Idulfitri, Pemkab Trenggalek Terapkan Pembatasan Jumlah Pengunjung Wisata

Deteksi Kewaspadaan Dini, Bakesbangpol Trenggalek Gelar Rakor

Joko mengatakan bahwa total anggaran refocusing tahun ini senilai Rp105 miliar lebih. Sementara anggaran untuk penanganan Covid-19 seluruhnya Rp65 miliar lebih.

Sementara itu, Ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Trenggalek Puryono mengaku lega ketika mendengar bahwa ADD tidak dipotong untuk penanganan Covid-19. "ADD tidak jadi dipotong, nah ini sebuah rekonsiliasi yang bagus terutama terkait regulasi anggaran yang ada di desa," kata Puryono.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Trenggalek, Sekda Trenggalek, TAPD, dan DPRD Kabupaten Trenggalek.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah perwakilan perangkat desa se-Kabupaten Trenggalek menyatakan sikap menolak rencana Pemkab Trenggalek memotong ADD untuk penanganan Covid-19 di Gedung DPRD Trenggalek.

Bahkan, Ketua AKD Trenggalek Puryono sempat mengancam akan mengerahkan ribuan perangkat desa untuk turun ke jalan jika tidak ada kejelasan terkait refocusing ADD. (man/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...