Petrokimia Gresik Gandeng Kadin Kota Batu Garap Komoditas Jeruk

Petrokimia Gresik Gandeng Kadin Kota Batu Garap Komoditas Jeruk Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat teken MoU dengan Kadin Kota Batu. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, Perusahaan Solusi Agroindustri Anggota Holding Pupuk Indonesia memperluas kerja sama program agro solution dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan tanam perdana demonstration plot (demplot) tanaman jeruk seluas 2.000 meter persegi di Kota Batu, Jawa Timur, Senin (10/5/2021).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan bahwa program agro solution merupakan inisiasi dari Holding Pupuk Indonesia (Persero) yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus mendongkrak kesejahteraan petani.

Oleh karena itu, Petrokimia Gresik terus berupaya memperluas jangkauan program ini dengan menggarap berbagai komoditas, tidak terbatas pada padi dan jagung. "Semakin bervariasi komoditas yang digarap dalam program ini, maka manfaat dari program agro solution dapat semakin dirasakan oleh lebih banyak petani," jelas Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo mengungkapkan, Kota Batu dipilih karena merupakan salah satu sentra penghasil jeruk di Jawa Timur. Kota Batu juga dipilih sebagai tempat dibangunnya Taman Sains Pertanian (TSP) yang diresmikan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) beberapa waktu lalu.

Hal ini membuktikan bahwa lahan pertanian jeruk di Kota Batu tidak hanya mendukung sektor pertanian, tapi juga menjadi sarana wisata. "Dengan demikian, program agro solution juga akan turut mendorong peningkatan pada sektor lainnya, dalam hal ini pariwisata," terang Dwi Satriyo.

Melalui kerja sama ini, Petrokimia Gresik bersama Kadin Batu menargetkan pelaksanaan agro solution pada lahan 3.000 hektare (ha).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO