Rabu, 04 Agustus 2021 22:40

Lakukan Pemukulan, Debt Collector Leasing di Jember Dipolisikan

Selasa, 25 Mei 2021 19:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Lakukan Pemukulan, Debt Collector Leasing di Jember Dipolisikan
Kuasa Hukum Dorif, Nasimatu Rahma.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) Jember M. Dofir mengalami tindakan pemukulan dari debt collector salah satu leasing di Jember. Menurutnya, hal tersebut termasuk tindakan premanisme.

"Ada tiga orang mendatangi saya yang tidak saya kenal. Ia mengaku sebagai debt collector, namun setelah saya tanya surat tugas dan identitasnya, ia tidak dapat menunjukkan. Bagi saya tindakan mereka sudah melampui batas, sebab menagih tidak ubahnya seperti tindakan premanisme," ucap Dofir di Polres Jember usai dilakukan pemeriksaan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sebagai pelapor beserta saksinya, Selasa (25/5) sore.

"Saya selaku pemegang kuasa atas klien saya, ingin menyelesaikan persoalan ini sekaligus meminta pertanggungjawaban dari debt collector tersebut," kesalnya.

Dofir menceritakan kronologi kejadian yang dialaminya. Saat itu, kata Dofir, ia mengendarai mobil Xenia milik Zainuri pada bulan lalu yang dikuasakan kepada LPKNI.

BACA JUGA : 

Terjadi Lagi Perampasan Motor Oleh Debt Collector, Kali ini Menimpa Remaja Warga Rungkut

Tak Terima Motornya Ditarik Debt Collector, Warga Tuban Sekap dan Aniaya Kepala Penarikan Leasing

Debt Collector di Kediri Aniaya Penunggak Utang, Akhirnya Lebaran di Penjara

Jelang Lebaran, WOM Finance Cabang Sidoarjo Bagikan Bingkisan untuk Janda dan Duafa

"Saat perjalanan dari arah Tanggul, saya diikuti tiga orang mengemudi sepeda motor. Kemudian sampai di Gambirono, saya dihadang oleh mereka dan menanyakan mobil yang saya bawa. Karena situasi di jalanan ramau dan khawatir mengganggu aktivitas pengguna jalan, akhirnya mereka saya ajak baik-baik ke rumah," jelasnya.

"Kemudian sampai di rumah, mereka (debt collector) memaksa saya untuk menyerahkan mobil tersebut, sehingga sempat terjadi cekcok dan memukul saya," imbuhnya.

Atas kejadian tersebut, Dofir selaku pemegang kuasa dari kliennya juga melaporkan tindakan debt collector kepada pihak berwajib, yang saat ini sudah sampai pada proses BAP.

Sementara itu menurut Kuasa Hukum Dorif, Nasimatu Rahma yang mendampingii pada saat proses BAP tersebut menyampaikan bahwa kasus kekerasan yang terjadi pada M Dofir (kliennya) itu, pelaku diarahkan pada Pasal 352 tentang ancaman kekerasan penganiayaan.

"Saya sebagai kuasa hukum LPKNI mendampingi proses hukum penganiayaan yang dilakukan oleh debt collector kepada klien kami, dan dari hasil BAP itu oleh penyidik, pelaku (debt collector) diarahkan pada Pasal 352," ungkapnya.

"Dia dipukul oleh 3 orang perwakilan dari salah satu leasing," pungkasnya. (yud/eko/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...