Rabu, 04 Agustus 2021 22:58

Pastikan Anggaran DAK RTLH Sesuai Usulan Penerima, Dinas Perkim Jombang Cek Lapangan

Rabu, 23 Juni 2021 10:14 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Pastikan Anggaran DAK RTLH Sesuai Usulan Penerima, Dinas Perkim Jombang Cek Lapangan
Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Jombang Syaiful Anwar saat cek lapangan. (foto: ist)

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Guna memastikan DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2021 untuk rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sudah sesuai dengan usulan masing-masing penerima bantuan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang terjun ke lapangan untuk melakukan pengecekan satu per satu rumah penerima bantuan.

"Kami ke lapangan langsung untuk mengecek bahwa bantuan sudah dimanfaatkan untuk melakukan rehab rumah sesuai dengan usulan penerima," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Jombang Syaiful Anwar, Rabu (23/6/2021).

Dijelaskan, pada tahun 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Jombang mendapat alokasi anggaran DAK RTLH sebesar Rp 2.920.000.000 yang diperuntukkan untuk rehab rumah sebanyak 146 unit. "Untuk Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu sebanyak 55 unit, Desa Jombang sebanyak 41 unit, dan Desa Bakalanrayung sebanyak 50 unit," papar Syaiful.

"Adapun masing-masing alokasi per rumah adalah Rp 20 juta yang peruntukannya adalah Rp 17,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk upah tenaga kerja," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Hajatan Perangkat Desa di Jombang Dibubarkan, Tuan Rumah Diminta Bongkar Tenda Seketika

Peduli Warga Terdampak, Polres Jombang Bagikan Bantuan Sembako untuk PKL dan Tukang Becak

Depresi Ditinggal Istri Meninggal, Kakek di Jombang Nekat Akhiri Hidupnya Terjun ke Sumur

RSUD Jombang Kebakaran, Api Diduga dari Puntung Rokok

Dikatakan, untuk Desa Jombang dari alokasi 41 rumah setelah diverifikasi hanya 41 rumah yang layak mendapat bantuan DAK RTLH. Namun dari jumlah tersebut, ada 2 penerima bantuan yang mengundurkan diri sehingga untuk desa itu tinggal 39 penerima bantuan.

"Dari 41 rumah yang layak menerima bantuan ada dua yang mengundurkan diri, sehingga hanya tinggal 39 saja," pungkas Syaiful.

Perlu diketahui, pada gelombang I ini, capaian fisik sudah 100 persen, yakni Desa Kepuhrejo 14 rumah, Desa Bakalanrayung 12 rumah, dan Desa Jombang 9 rumah. Saat ini, ketiga desa tersebut sedang melaksanakan proses fisik gelombang II. (aan/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...