Rengginang Tembus Pasar Internasional, Pemkab Pamekasan Terus Kembangkan Digitalisasi Produk

Rengginang Tembus Pasar Internasional, Pemkab Pamekasan Terus Kembangkan Digitalisasi Produk Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pamekasan, Abdul Fata.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Terdapat sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten (Pemkab) , Madura, Jawa Timur yang mampu tembus pasar internasional. Antara lain, produk rumahan warga Kecamatan Pademawu, produk olahan rumput laut, dan beberapa home industry lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdul Fata. "Banyak produk kami yang sudah berhasil menembus pasar internasional, di antaranya dan produk yang berbasis perikanan," kata Abdul Fata, Jumat (27/08/2021).

Pihaknya mengaku terus berupaya memperbanyak produk UMKM yang mampu bersaing di kancah internasional. Salah satunya, dengan memberikan fasilitasi pengurusan perizinannya bagi pelaku UMKM.

"Karena, produk yang mampu bersaing hingga kancah internasional tentunya harus memiliki izin terlebih dahulu, termasuk izin keamanan untuk dikonsumsi konsumen," ujarnya.

Menurut Abdul Fata, Bupati Baddrut Tamam telah menginstruksikan ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) untuk melakukan pendampingan terhadap perizinan hingga pengembangan UMKM. 

Selain Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, instruksi itu juga ditujukan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pananaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker), serta sejumlah instansi lainnya.

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO