Targetkan 1.000 Penghuni, Rutan Medaeng Percepat Relokasi Warga Binaan

Targetkan 1.000 Penghuni, Rutan Medaeng Percepat Relokasi Warga Binaan Para warga binaan Rutan Surabaya saat direlokasi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Rencana pembangunan Rutan Surabaya di Medaeng membuat harus mulai melakukan penyesuaian jumlah penghuni.

Kepala Krismono menargetkan Rutan Medaeng harus menekan jumlah penghuni hingga di angka 1.000 orang saja.

Instruksi Krismono itu mulai dijalankan rutan yang dipimpin Wahyu Hendrajati ini. Pasalnya, pemindahan tidak bisa dilakukan dalam satu waktu saja. Melainkan membutuhkan proses yang berkesinambungan. “Kami sedang berupaya mengondisikan Rutan Surabaya agar bisa konsisten di 1.000 penghuni saja,” ujar Krismono.

Tantangan itu diakui Krismono membutuhkan koordinasi dan strategi yang baik. Karena, distribusi keluar dan masuknya WBP ini sangat dinamis dan bergantung aparat penegak hukum lain. Namun, Krismono optimis bahwa misi ini bisa diselesaikan. “Prioritas kami tetap keamanan dan ketertiban, jadi tetap harus mengedepankan pendekatan yang humanis,” ujarnya.

Sementara itu, Wahyu Hendrajati menyebutkan bahwa saat ini tren yang masuk ke Rutan Surabaya menunjukkan tren penurunan. Selama Oktober 2021, yang masuk hanya 177 orang saja. Di periode yang sama, pihaknya telah melakukan distribusi 254 ke lapas-lapas di seluruh Jatim. “Kami prioritaskan bagi yang sudah inkrah,” ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...