Tak Mampu Beli, Anak SMP di Madiun Bikin Wayang Sendiri

Tak Mampu Beli, Anak SMP di Madiun Bikin Wayang Sendiri Giversa Rashel Defansyah, siswa SMPN 2 Mungu, Kabupaten Madiun, saat menunjukkan wayang hasil karyanya.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Giversa Rashel Defansyah, siswa dari , Kabupaten , menjadi pecinta di usianya yang masih belia. Bocah yang akrab dipanggil Versa ini memilih untuk membuat daripada membeli karya seni tradisional yang terbilang mahal itu.

Ia pun menceritakan awal mula kegemarannya terhadap . Pelajar yang lahir tanggal 18 Juni 2007 ini menyukainya karena sering melihat Dalang Seno Nugroho di YouTube.

"Pinginnya punya sendiri pak. Tapi kan harga -kulit" rel="tag"> kulit kan juga mahal," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (15/12).

Dengan keadaan ekonomi orang tua yang pas-pasan, kreativitas anak pertama dari pasangan Musriyani dan Luis Redansyah langsung muncul. Bahan yang digunakan Versa sangat sederhana dan dari peralatan seadanya.

"Awalnya saya mencoba belajar membuat dari kertas slip rokok. Tapi sekarang saya membuat dari kertas karton sama dari talang karet. Kalau untuk tatahnya, sama bapak dibuatkan dari paku yang dipenyetelan (dipipihkan)," urai Versa.

Karyanya pun tidak kalah dari berbahan kulit. Harga buatan Versa terbilang murah dan relatif, tergantung ukuran dan jenis yang diinginkan pemesan.

"Ini juga sudah ada yang pesan ke saya pak. Saya jual mulai Rp50 ribu, tergantung jenis karakter nya serta besaran yang diinginkan," tuturnya.

Hasil jualan dikumpulkan untuk membeli dari kulit dan untuk sekolah pedalangan sesuai dengan cita-citanya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO