Lebih Menguntungkan, Bupati Kediri Ajak Petani Beralih ke Pertanian Organik

Lebih Menguntungkan, Bupati Kediri Ajak Petani Beralih ke Pertanian Organik Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana (baju putih) saat meninjau lahan pertanian yang menggunakan pupuk organik didampingi Plt. Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri Anang Widodo. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinilai lebih menguntungkan dibandingkan pertanian konvensional, Bupati Hanindhito Himawan Pramana mengajak petani untuk memulai bertani organik. Ajakan ini disampaikan saat menggelar pertemuan dengan petani di , Kecamatan Purwoasri, Selasa (11/1), kemarin.

Menurut Dhito, dengan bertani organik, petani bisa menekan biaya produksi karena tidak lagi bergantung dengan pupuk kimia. Untuk mendorong petani beralih ke organik, telah meluncurkan program desa inovasi tani organik (DITO).

Program DITO ini memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan pupuk dan bagaimana cara menanam tani organik yang baik dan benar. Sebab, diakui Dhito, tak mudah untuk memulai bertani organik. Proses transisi dari konvensional ke organik bisa memakan waktu sampai 2 tahun, lantaran tanah harus dinetralisir terlebih dahulu dari pupuk kimia. 

"Jadi, tani organik ini enggak bisa dari kimia langsung diganti ke organik, ini perlu proses yang cukup panjang," terangnya.

Namun, ia yakin para petani akan puas setelah bisa menikmati hasilnya. Bahkan, ia optimis nantinya banyak petani yang tertarik beralih ke tani organik.

Dalam pertemuan itu, Dhito mengungkapkan bahwa para petani berharap cakupan lahan pertanian organik lebih luas. 

"Bahkan tadi ada salah satu usulan dari teman-teman kelompok tani yang cukup menarik bahwa pemerintah desa kalau bisa menyediakan sedikit lahannya untuk memulai tani organik," bebernya.

Kecamatan Purwoasri memang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten dengan area sawah yang paling besar. Bupati menjadikan kecamatan ini sebagai lokasi dimulainya tani organik melalui program DITO, dengan cakupan luas lahan 11,4 hektare. Ia berharap ke depan program itu dapat berjalan di wilayah lain.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':