Peringati HPSN, Wali Kota Madiun Serahkan Penghargaan Adiwiyata dan Bantuan Gerobak Sampah

Peringati HPSN, Wali Kota Madiun Serahkan Penghargaan Adiwiyata dan Bantuan Gerobak Sampah Wali Kota Madiun Maidi foto bersama dengan para kepala sekolah penerima penghargaan Adiwiyata. foto: HENDRO S/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Hari ini serentak diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (), sebagai bentuk peringatan pada tahun 2005 telah terjadi longsoran tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat. Dan sesuai dengan keputusan Menteri Lingkungan Hidup, tanggal tersebut dijadikan sebagai peringatan .

Dalam peringatan kali ini, selain mengadakan upacara, sekaligus juga membagikan penghargaan serta gerobak sampah kepada para penarik gerobak sampah yang tersebar di tiap kelurahan se-, Senin (21/2/2022).

Wali H dalam sambutannya sangat mengapresiasi sekali terkait kinerja dari para petugas penarik sampah yang ada. "Saya sangat berterima kasih sekali kepada para pejuang penarik gerobak sampah dan para petugas yang di TPA. Sampah yang menjadi masalah dengan keuletan saudara semua sampah bisa menjadi berkah," ujarnya.

Maidi menjelaskan bahwa sampah juga sebagai indikator perekonomian sebuah kota dan juga sebagai masalah dari suatu kota.

"Sampah memang masalah, namun banyaknya sampah menandakan perekonomian meningkat. Karena dengan banyaknya sampah otomatis banyak orang mengeluarkan uang. Artinya banyak terjadi transaksi jual beli," jelas.

Namun masalah sampah dan bisa menjadikan sebuah berkah, menjabarkan lebih terinci lagi. "Semua warga mulai rumah tangga, penarik gerobak sampah itu harus saling bersinergi. Begitu pula bank sampah yang ada. Dan sampai pembuangan akhir akan kita kelola menjadi gas metan, ada juga yang menjadi pupuk. Dan karena pasukan kita banyak, maka sampah di kota ini harus bersih," jabarnya.

Dan sebagai bentuk kepedulian serta penghargaan yang setinggi-tingginya, para penarik gerobak sampah sebanyak 317 orang tersebut telah diberikan juga asuransi kecelakaan kerja. Sehingga bila ada pekerja penarik sampah akan menerima santunan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO