Cari Benih BK Situbondo, Pemkab Pilih Empat Galur Unggulan

Cari Benih BK Situbondo, Pemkab Pilih Empat Galur Unggulan Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat melakukan uji coba benih unggul.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Bupati akhirnya memilih empat dari 19 yang telah dilakukan uji coba dalam rangka menemukan varietas benih unggul.

Menurut Bung Karna, sapaan akrab Bupati , empat galur yang dinilai lebih unggul dari galur lainnya, setelah diuji coba bersama Balai Besar Tanaman Padi Badan Penelitian Pengembangan Tanaman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Kami menemukan empat galur yang lolos uji coba. Ada galur dengan umur pendek, anakannya banyak, dan resistensi terhadap hama penyakit,” kata Karna, Selasa (8/3/2022).

Ia mengungkapkan, empat galur yang dipilih akan ditindaklanjuti bersama Tim Balai Besar Tanaman Padi Badan Penelitian Pengembangan Tanaman Kementerian Pertanian untuk dilakukan uji coba kembali di sejumlah daerah, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, termasuk salah satunya di .

“Ini harus diuji coba lagi dalam skala nasional. Jika lolos, maka padi ini akan menjadi varietas baru milik untuk Indonesia, nanti benih itu ada yang akan kita jadikan benih BK ,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Haryadi Tejo Laksono menjelaskan, dari empat galur yang terpilih, dua galur punya keunggulan tahan hama penyakit, dan umurnya sangat pendek. Karena pada umur 40 hari sudah keluar malai, dan umur 47 hari sudah serap.

“Umur 47 hari sudah serap, artinya malai sudah rata semua. Saya perkirakan, umur 85 hari atau 90 hari sudah bisa dipanen. Padahal, umur padi pada umunya bisa mencapai 120 hari,” tuturnya.

Dari empat galur yang terpilih, lanjut Haryadi, nantinya akan ada satu galur yang diunggulkan, dan akan ditindaklanjuti untuk dilakukan uji multi lokasi (UML). Jika lolos, maka akan diterbitkan SK oleh Kementan RI sebagai bukti bahwa Situbodo punya benih yaitu BK .

“Ini masih pra uji multi lokasi. Nanti kalau sudah lulus uji multi lokasi berarti punya benih unggul, yaitu varietas untuk Indonesia,” pungkasnya. (mur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO