PP Pordasi Pastikan Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Kantongi Izin Prokes

PP Pordasi Pastikan Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota Kantongi Izin Prokes Ketua Komisi Pacu PP Pordasi, Samwil, saat konferensi pers. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabar miring menjelang seri I di , Cobanjoyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (27/3) mendatang dianggap tidak berdasar.

Pengurus Pusat (PP) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) memastikan bahwa turnamen tetap berjalan sesuai aturan satgas Covid-19. Ketua Komisi Pacu , Samwil, menegaskan bahwa agenda tersebut sudah mengantongi izin dan aturan dari pihak terkait.

"Surat rekomendasi Kabupaten Pasuruan Nomor 100/37/COVID-19/III/2022 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya, SH, MM, tertanggal 23 Maret 2022," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (24/3/2022).

Anggota DPRD Jatim ini menuturkan, ajang ini sudah tertunda selama 2 tahun sejak munculnya pandemi Covid-19 dan seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Jawa Timur, pihaknya dapat menggelar acara tahunan ini tanpa penonton kecuali pemilik, pelatih, joki, perawat kuda, dan undangan khusus.

Bahkan, lanjut Samwil, jauh sebelum menetapkan Jawa Timur sebagai tuan rumah Seri I, telah membuat pedoman protokol kesehatan () Covid-19.

"Pedoman Prokes Covid-19 Pordasi diterbitkan melalui SK No.047/PP.PORDASI.SK/XII/2021 tertanggal 15 Desember 2021 ditandatangani Ketua Umum , Triwatty Marciano," kata politikus dari Demokrat itu.

Menurut dia, rekomendasi Kabupaten Pasuruan terkait kewajiban pihak penyelenggara (Pordasi) tak jauh berbeda dengan pedoman Covid-19 yang sudah dibuat . Misal, soal pembatasan jumlah peserta kejuaraan yang hadir tidak lebih dari 75 persen kapasitas lapangan. Sementara itu, kewajiban peserta meliputi enam hal, yakni wajib melakukan 3M.

"Selain itu juga melakukan pengecekan suhu tubuh, tidak melakukan kontak fisik, tidak menggunakan peralatan secara bergantian dan memiliki aplikasi Peduli Lindungi. Jadi peserta yang boleh tampil di arena kejuaraan harus menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi," pungkas pengusaha kapal yang hobi berkuda tersebut. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO