Terima Bantuan Program Sanitasi di 13 Desa, Bupati Sumenep Harap Bisa Tingkatkan IPM

Terima Bantuan Program Sanitasi di 13 Desa, Bupati Sumenep Harap Bisa Tingkatkan IPM Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

SUMENEP, BANGSAONLENE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berupaya menciptakan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) mendapatkan bantuan program bidang sanitasi untuk 13 desa yang tersebar di 12 kecamatan.

DAK bidang sanitasi tahun 2022 untuk Kabupaten yakni berupa pembangunan jamban dan tangki septik individual dan pembangunan TPS3R merupakan tempat pengolahan sampah reuse, reduce, dan recycle (mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang).

“Penyediaan sanitasi yang baik jelas memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, serta berefek positif berupa peningkatan produktivitas masyarakat,” kata Bupati kepada awak media Kamis (14/04/2022).

Bupati Fauzi menekankan, bantuan DAK bidang sanitasi itu agar digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu, untuk memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas dan sesuai aturan.

Pembangunan sanitasi diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Bahkan, keberadaan lingkungan yang bersih dan sehat berdampak kepada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Diharapkan untuk seluruh elemen diperlukan upaya kolaborasi dalam pencapaian akses sanitasi, baik dari tingkat kecamatan, desa, dan masyarakat. Serta peran aktif masyarakat untuk terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat,” terangnya.

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO