Turunkan Angka Stunting, Bupati Kediri Siapkan 2.800 Ha Lahan untuk Tanam Beras Biofortifikasi

Turunkan Angka Stunting, Bupati Kediri Siapkan 2.800 Ha Lahan untuk Tanam Beras Biofortifikasi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana membuktikan komitmennya dalam menurunkan angka stunting yang saat ini masih sebesar 14,1 persen. Ia telah mencanangkan penanaman di lahan seluas 2.800 hektare di daerah Purwoasri.

Langkah itu dilakukan untuk mewujudkan target penurunan angka stunting di tahun 2023 menjadi satu digit. Bupati Dhito mengajak semua pihak untuk bekerja sama untuk mewujudkan target tersebut. Meskipun secara persentase, angka stunting di Kabupaten itu masih di bawah rata-rata nasional maupun provinsi.

"Beras biofortifikasi ini adalah beras unggulan yang memang dikhususkan untuk anak-anak stunting," kata Bupati Dhito dalam acara rembuk stunting antar forum komunikasi lintas sektor untuk percepatan penurunan stunting 2022 di , Kamis (2/6/2022).

Menurutnya, hasil pengembangan Kementerian Pertanian sangat efektif untuk menurunkan angka stunting. Sebab, beras tersebut mempunyai kandungan zinc tinggi karena menggunakan bibit varietas unggul padi .

"Beras biofortifikasi itu merupakan program pemerintah pusat yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Menurut Dhito, yang juga perlu dipikirkan saat ini adalah penjualan hasil itu sendiri. Di samping dikhususkan untuk stunting. Sebab, beras itu merupakan varietas baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Dewi Maria Ulfa yang turut hadir dalam acara menyampaikan upaya penurunan stunting sudah dilaksanakan secara berjenjang. Upaya itu juga ditegaskan dalam surat keputusan pembentukan tim percepatan penurunan stunting (TPPS) tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

Perempuan yang juga Wakil Bupati itu mengungkapkan bahwa pada tahun 2019-2022 sudah ada 42 desa di Kabupaten yang ditetapkan sebagai lokus stunting. 

"Sedangkan pada tahun 2023 Kabupaten telah menjadikan semua desa sebagai lokus stunting," ungkap Dewi.

Menyikapi penambahan itu, pihaknya meminta tiap-tiap OPD merencanakan program dan kegiatan pendukung dalam rangka penurunan stunting yang anggarannya disesuaikan dengan lokasi desa stunting tahun 2019-2023. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO