Ternak yang Terpapar PMK Tembus 49 Ekor, Ngawi Dinyatakan Zona Coklat

Ternak yang Terpapar PMK Tembus 49 Ekor, Ngawi Dinyatakan Zona Coklat Petugas sedang mengambil sampling pada rusa di tempat penngkaran Taman Wisata Monumen Suryo Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Ternyata upaya dari untuk membendung masuknya (PMK) pada hewan ternak jebol juga. Hal ini dengan dinyatakannya Kabupaten Ngawi dalam zona coklat akibat ditemukannya beberapa hewan ternak yang terpapar PMK.

Mulai sepekan ini telah ditemukan beberapa hewan ternak yang dinyatakan positif terpapar PMK. Berawal dari laporan dan keluhan warga yang mempunyai hewan ternak yang ditindaklanjuti pengambilan sampling untuk dilakukan uji tes dilaboratorium ternyata hasilnya positif PMK.

Sebelumnya, sempat hewan rusa yang berada di Taman Wisata tiba-tiba mati. Sehingga dari tim penanggulangan PMK Kabupaten Ngawi melakukan pengambilan air liur dari hewan yang berada di penangkaran taman wisata tersebut. Akan tetapi hasilnya ternyata negatif semua dan dinyatakan aman dari PMK.

"Memang awalnya pekan lalu diketahui ada 18 ekor, terus kemarin ada 32 ekor, dan untuk hari ini (Kamis, 16/6/2022) sudah 49 (ekor)," jelas Kepala Bonadi.

Dengan adanya lonjakan hewan ternak yang dinyatakan positif terpapar PMK berujung dengan masuknya Kabupaten Ngawi dalam zona coklat.

Simak berita selengkapnya ...