Wakil Bupati Sidoarjo Selesaikan Polemik Irigasi Antardesa di Porong

Wakil Bupati Sidoarjo Selesaikan Polemik Irigasi Antardesa di Porong Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, saat mengecek saluran air pemicu polemik dua desa di Kecamatan Porong. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , Subandi, menjembatani polemik terkait irigasi antara Desa Kedungboto dan Pesawahan, Kecamatan Porong, Kamis (16/6/2022). Pemicu gesekan dua desa yang bertetangga itu lantaran salah satu kepala desa menutup aliran air irigasi dan berdampak pada lahan pertanian yang terendam.

Kedua belah pihak sepakat untuk membuka saluran air yang dibendung oleh warga Pesawahan melalui mediasi yang dipimpin Wakil Bupati bersama Camat Porong, Choirul Anam, dan perwakilan Dinas PUMBSDA , Yudi. Menurut Subandi, permasalahan seperti ini (miskomunikasi) adalah hal sepele yang tidak perlu dibesar-besarkan.

"Kalau dikomplain, dikomplain saja, tidak usah pakai dibendung segala, dikhawatirkan terjadi konflik antarwarga," ujarnya.

Mantan Ketua Komisi A DPRD ini meminta segala bentuk permasalahan dapat dikomunikasikan dengan baik, tidak dengan otot. Ia mengatakan bahwa membangun komunikasi sangatlah penting, sebab pembangunan akan dapat berjalan dengan komunikasi yang baik.

"Kalau antarpimpinan berantem nanti jadinya repot, mau jadi apa negara ini, harusnya dikomunikasikan dengan baik, karena membangun komunikasi antar pemerintah desa itu penting, agar terjalin hubungan simbiosis mutualisme," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia Dinas PUBMSDA untuk segera melakukan normalisasi drainase lintas desa, agar polemik yang terjadi segera mendapatkan solusi.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':