Ibu Rumah Tangga Dominasi Kasus Baru HIV/AIDS di Kabupaten Blitar, Kok Bisa?

Ibu Rumah Tangga Dominasi Kasus Baru HIV/AIDS di Kabupaten Blitar, Kok Bisa? Eko Wahyudi, Subko P3M Dinkes Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Hingga 30 November 2022, tercatat ada 109 penderita HIV/AIDS di Kabupaten yang didominasi oleh . Data itu disampaikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten

Perinciannya, 25 orang adalah atau IRT, 20 orang tidak diketahui pekerjaannya, 17 orang nelayan, petani, dan peternak, 17 orang wiraswasta, 8 orang karyawan.

Kemudian 8 orang lain-lain, 6 orang buruh kasar, 3 orang penjaja seks, 2 orang siswa dan mahasiswa, 1 orang sopir, 1 orang tenaga profesional non medis, dan terakhir 1 orang pensiunan PNS.

Eko Wahyudi, Subko Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinkes Kabupaten , mengatakan kasus baru HIV/AIDS itu diketahui saat pihaknya melakukan konseling.

"Saat wawancara juga ditanyakan pekerjaannya, dan yang terbanyak mereka mengaku sebagai IRT," katanya, Kamis (29/11/2022).

Eko mengaku belum bisa memastikan penyebab pasti para IRT tertular HIV/AIDS. Pasalnya, saat wawancara mereka hanya mengaku sebagai IRT. Tidak menyebut adanya kegiatan lain atau tidak.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':