Poktan Gotong Royong di Tambak Poco Bangkalan Miliki Varietas Jambu Mete Terbaik

Poktan Gotong Royong di Tambak Poco Bangkalan Miliki Varietas Jambu Mete Terbaik Kelompok tani gotong royong di Desa Tambak Poco Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kelompok tani (poktan) Gotong Royong di Desa Tambak Poco Kecamatan Tanjung Bumi, , memiliki verietas jambu mete yang dianggap terbaik dengan jenis bibit lokal dari Pulau Garam. Mereka menyebut keunggulan dan ciri jambunya manis, serta biji metenya gurih meskipun kecil.

"Para petani sering melakukan proses panen lebih cepat, saat saya tanya mereka mengeluhkan masalah ekonomi, mereka melakukan panen lebih awal karena untuk mencukupi kebutuhan mereka," kata Hasan selaku pembina Poktan Gotong Royong, Rabu (15/2/2023).

"Waktu panen jambu mete yang baik ialah satu tahun sekali, bila dipanen secara tidak teratur, kualitas buah dan bijinya juga akan berpengaruh. Kalau dipanen terlalu cepat, buah warnanya akan biru dan bijinya akan kecil, secara teknis, para petani sudah bagus dan menguasai," paparnya menambahkan.

Hasan mengaku telah mengingatkan mereka terkait hal tersebut, dan para petani tetap memanen jambu mete terlalu dini. Ia menjelaskan, Poktan Gotong Royong mampu memanen 8.000 ton jambu mete setiap tahunnya dengan luas lahan 200 hektare.

"Hasil dari olahan jambu mete di antaranya sirup, abon, soft drink, dan nuget. Pemasarannya dipasarkan ke sekitaran Pulau Madura, kelemahan barang kami yaitu di masalah packaging (kemasan), masih kalah bagus dengan kelompok lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pengelola dan Pemasaran Hasil Perkebunan Jawa Timur, Handayani, siap membantu serta memfasilitasi apa yang dikeluhkan masyarakat untuk pengembangan anggota Poktan Gotong Royong. 

"Kalau bantuan alat untuk dimanfaatkan kepentingan kelompok tani, silakan ajukan proposal. Kalau lolos seleksi pengajuannya akan kami serahkan barang yang diajukan," ujarnya.(mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO