Cegah Kenakalan Anak, YLBH Fajar Trilaksana Kenalkan BPHN di SMPN 22 Gresik

Cegah Kenakalan Anak, YLBH Fajar Trilaksana Kenalkan BPHN di SMPN 22 Gresik Para pemateri dan siswa SMPN 22 Gresik saat acara BPHN. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Fajar Trilaksana mengenalkan BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) Mengasuh di UPT SMPN 22, di Desa Randuagung, Kecamatan, Kebomas, Kabupaten , Senin (20/3/2023).

Kegiatan ini mengambil tema " Mencegah Kenakalan Anak dan Kriminalitas Anak dengan Memahami Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari".

Kegiatan diikuti oleh siswa dan siswi SMPN 22 ini menghadirkan 3 pemateri. Yaitu, Direktur YLBH Fajar Trilaksana (FT), Andi Fajar Yulianto, Advokat Subandi, dan perwakilan Bagian Hukum Pemkab , Adi Nugroho.

Kepala SMPN 22 , Sugianto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada YLBH Fajar Trilaksana atas waktunya untuk memberikan pembekalan hukum terhadap anak didiknya.

"Mudah-mudahan kebaikan YLBH Fajar Trilaksana dicatat dan diberikan pahala oleh Allah SWT,," katanya.

Ia menyatakan bahwa, anak-anak adalah calon pemimpin bangsa. Untuk itu, anak-anak harus mengusai berbagai disiplin hukum. Antara lain, ilmu hukum.

"Jika jadi pemimpin, maka harus tahu ilmu hukum. Minimal tahu pasal-pasalnya. Makanya saat sekolah ini harus bisa menjaga teta tertib," pintanya.

Menurut ia, semua ilmu itu baik. Makanya, apa yang dilakukan oleh YLBH FT merupakan bentuk preventif (mencegah) agar anak-anak tidak melakukan pelanggaran hukum.

"Mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Makanya, dalam kesempatan yang baik ini, anak-anak tanya kalau tidak faham. Jika dijelaskam soal kriminalitas dan tak faham, ditanyakan biar faham," katanya.

Andi Fajar Trilaksana menyatakan bahwa, program BPHN Mengasuh ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembekalan terhadap anak-anak tingkat SMP soal kriminalitas.

"Langkah ini dilakukan untuk mencegah kenakalan dan kriminalitas anak dengan memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya kepada BANGSAONLINE.com.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO