Jelang Puncak Hari Jadi ke-105, Pemkot Madiun Adakan Kenduri Akbar

Jelang Puncak Hari Jadi ke-105, Pemkot Madiun Adakan Kenduri Akbar Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wali Kota Madiun. Foto: Hendro Suhartono/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebagaimana adat Jawa yang sudah turun temurun, bahwa sebelum mengadakan suatu hajatan pasti akan mengadakan acara berdoa bersama atau yang sudah familiar disebut selamatan atau kenduri.

Begitu pula Kota yang besok akan bertepatan melaksanakan Hari Jadi ke-105. Malam ini Pemerintah Kota (Pemkot) adakan acara Kenduri Akbar di Pahlawan Bisnis Center (PBC) yang dipimpin langsung oleh Wali Kota, Maidi bersama semua OPD. Senin (19/6/2023) malam.

Acara juga diikuti oleh seluruh pemuka agama dan penghayat kepercayaan di Kota yang secara bergantian turut memimpin dalam membacakan doa demi semakin aman, maju dan berkembangnya Kota serta terus berkesinambungan.

Sebelum mengakhiri acara, sebagaimana prosesi kenduri yang ada selama ini diadakannya pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wali Kota dan diserahkan kepada pimpinan MUI Kota.

Secara terperinci adanya kenduri ini sebagaimana yang disampaikan oleh Maidi kepada BANGSAONLINE.com. Bahwa kenduri ini merupakan doa bersama karena puncak acaranya besok.

"Selamatan itu kita berdoa untuk memohon keselamatan. Karena puncaknya besok, biar semua rangkaian acaranya lancar, selamat maka hari ini kita mengadakan acara selamatan atau kenduri," jelas Maidi usai acara potong tumpeng.

Kenduri Akbar yang diikuti oleh semua lapisan baik pemerintah, masyarakat dan agama maka semuanya turut berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.

"Maka hari ini semua agama mendoakan dalam rangka ulang tahun kali ini tidak ada kendala apa-apa," imbuhnya.

Sebelum acara Kenduri Akbar sempat diguyur hujan lebat. Sebagaimana filosofi yang ada, Maidi juga menuturkan bahwa semua itu rahmat maka hujan turun, juga rahmat dari Sang Kuasa karena musim kemarau ada hujan turun.

"Ini pertanda khusus bahwa kesejahteraan dan kehidupan akan semakin makmur untuk kita. Ini Alhamdulillah benar." pungkasnya. (adv/dro/git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO