Khawatir Banjir, Petani di Tuban Protes Pengerjaan Drainase Permanen

Khawatir Banjir, Petani di Tuban Protes Pengerjaan Drainase Permanen Petani di Tuban saat melakukan protes terhadap pengerjaan Drainase Permanen

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah petani di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten protes terhadap pengerjaan proyek pembuatan di Jalan Soekarno-Hatta yang melintas area persawahan warga, Senin (11/9/2023).

Para petani mengkhawatirkan pengerjaan proyek yang dibuat secara permanen itu, akan menimbulkan permasalahan baru seperti .

Sebab, pengerjaan dirasa terlalu dangkal sehingga dikhawatirkan saat musim penghujan air akan luber dan masuk ke persawahan.

"Dulunya saluran air disini tanah. Kini salurannya dibuat permanen dan kurang dalam sehingga rawan terjadi ," kata Muslam.

Pria yang juga Ketua Kelompok Tani Desa Sugihwaras ini menambahkan, para petani meminta supaya proyek yang dibuat permanen itu dibongkar dan diganti menggunakan U Ditch.

"Kalau pakai U Ditch kan kalau ada yang dangkal bisa dibongkar. Jika dibuat permanen lahan pertanian akan berdampak kean saat musim penghujan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sugihwaras, Lilis Sugianto menjelaskan, proyek permanen sepanjang kurang lebih 600 meter ini tidak ada pemberitahuan kepada para petani. Sehingga sekitar 120 hektar lahan pertanian akan terdampak saat musim penghujan.

"Karena dari pengalaman yang kemarin, kami dari petani-petani meminta pembuatan ini pakai yang bisa dibongkar pasang. Jadi kalau dangkal kita bisa mengeluh kepada pihak yang berwenang," tutupnya.(gun/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Banjir Bandang di Gunung Pandan Aceh, Satu Orang Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO