Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon saat Ekspedisi Penyelamatan Mata Air di Sumber Cakarwesi

Pj Wali Kota Kediri Tanam Pohon saat Ekspedisi Penyelamatan Mata Air di Sumber Cakarwesi Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menyirami pohon usai ditanam. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, menanam pohon di Sumber Cakarwesi di Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren, Selasa (23/1/2024). Agenda tersebut merupakan tahapan dari Ekspedisi Penyelamatan Mata Air yang berlangsung sejak 2023, dan diawali dengan tahap telusur sumber di Kota/Kabupaten .

Di Kota , tercatat ada 27 mata air yang tersebar di 12 kelurahan. Dalam acara ini, Zanariah juga melihat secara langsung sumber mata air Cakarwesi.

"Patut kita syukuri wilayah Kota dan Kabupaten yang diapit Gunung Kelud dan Pegunungan Wilis serta dilintasi Sungai Brantas berlimpah dengan banyak sumber mata air. Beberapa mata air tersebut ada yang dipergunakan untuk irigasi pertanian ada pula yang dikelola sebagai objek wisata," kata Zanariah.

Ia mengatakan, sebagai wilayah urban yang menjadi hub bagi Daerah Mataraman ditambah akan adanya Bandara Internasional Dhoho, potensi pertumbuhan populasi dan aktivitas manusia di Kota akan semakin besar. Tentu saja hal ini akan berdampak pada kebutuhan air untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karena itu, lanjut Zanariah, mata air perlu dilindungi dan dirawat. Hal ini mencakup kebijakan pengelolaan air, pengendalian polusi, dan penanaman vegetasi di sekitar sumber air. Tujuannya jelas untuk menjaga kualitas dan menjaga aliran air yang bersih.

"Terlebih saat ini krisis iklim menjadi ancaman yang serius. Krisis ini menyebabkan anomali cuaca yang ekstrem. Kemarin kita rasakan El-Nino, tapi alhamdulillah inflasi kita juga ketahanan pangan kita tetap terjaga," ujarnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO