Meriahnya Pawai Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi di Blitar

Meriahnya Pawai Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi di Blitar Pawai Ogoh-Ogoh menjelang perayaan Nyepi di Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Jelang Hari Raya , umat di Kabupaten menggelar . Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian acara perayaan Hari Raya Tahun Saka 1946.

Puluhan ogoh-ogoh berukuran besar dengan berbagai bentuk diarak mengelilingi sejumlah jalan protokol di Kecamatan Wlingi. Dengan mengambil start dari kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Wlingi, Kabupaten .

Ketua Panitia Pawai Ogoh-Ogoh , Setiyoko, mengatakan bahwa ini adalah simbol mengusir roh jahat dan malapetaka sebelum perayaan Hari Raya . Sehingga pelaksanaan Hari Raya berjalan aman dan tenteram. 

"Pawai ogoh-ogoh ini sebagai simbol untuk mensucikan lingkungan dari pengaruh roh jahat yang digambarkan dalam ogoh-ogoh ini," ucapnya.

Ogoh-ogoh yang diarak ini merupakan karya masing-masing pura yang ada di Kabupaten . Ada sekitar 60 ogoh-ogoh yang diarak menyusuri rute sejauh 4 kilometer.

"Setelah diarak, ogoh-ogoh akan dibawa pulang ke pura masing-masing untuk dibakar, sebagai simbol menghilangkan sifat buruk atau negatif dari ogoh-ogoh tersebut," lanjut Setiyoko.

Masyarakat tampak antusias menikmati yang dimulai pukul 12.00 WIB. Mereka berjajar di pinggir jalan di sepanjang rute menikmati beragam bentuk ogoh-ogoh yang diarak dengan diiringi gamelan tradisional. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melihat Ritual Tawur Agung Kesanga yang Digelar Umat Hindu di Bajulan Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO