Inilah Sosok Sulandra dan Fatkhur, Dua Kades yang Siap Maju Pilkada Gresik 2024 Jalur Independen

Inilah Sosok Sulandra dan Fatkhur, Dua Kades yang Siap Maju Pilkada Gresik 2024 Jalur Independen Andi Sulandra (kiri) dan Fatkhur Rahman. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Langkah , Kacamatan Sidayu, Andi Sulandra dan , Kecamatan Kebomas, Fatkhur Rahman siap maju bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati pada 27 November 2024, menyita banyak perhatian publik.

Sebab, pasangan yang siap maju melalui jalur independen (perorangan) ini sudah datang ke kantor KPU Gresik untuk pengajuan berkas pencalonan, Minggu (12/5/2024).

Dua kades di wilayah Gresik utara dan metropolis Gresik ini selama menjabat 3 periode telah banyak menorehkan keberhasilan dan lompatan pembangunan untuk kemajuan di desanya. Sehingga, mengharumkan nama Kabupaten Gresik.

Bahkan, desa yang mereka pimpin moncer di kancah nasional dan menjadi jujukan studi banding dari daerah-daerah di Indonesia.

Pada 10 Mei 2024, sebanya 67 perwakilan dari kabupaten dan kota se- Indonesia mengunjungi Kawasan Minapolitan di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik.

Mereka datang jauh-jauh ke Desa Randuboto karena dinilai telah sukses mengubah kampung kumuh menjadi semakin bersih dan lebih tertata menjadi Kawasan Minapolitan nan elok melalui penerapan program Dana Alokasi Khusus (DAK) terintegrasi.

Andi Sulandra menyampaikan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, menunjuk Desa Randuboto sebagai objek Horizontal Learning DAK Integrasi 2021.

Setelah proyek tahap I usai dibangun, perwakilan dari 67 kabupaten dan kota se-Indonesia diajak keliling menyusuri penataan jalan dan permukiman warga, serta mempelajari secara langsung Kawasan Minapolitan Randuboto. Penataan kawasan ini terkonsep dengan baik.

"Bantuan program Kawasan Minapolitan ini kami terima di akhir tahun 2021. Namun, realisasinya baru di awal tahun 2022, sebab kami perlu menyiapkan banyak hal, mulai pembebasan tanah dan berkomunikasi dengan warga berkaitan dengan konsolidasi jalan dan penataan rumah-rumah warga agar makin apik dan tertata," ucapnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (13/5/2024).

Ia lantas menjelaskan penataan kampung kumuh di Desa Randuboto menjadi Kawasan Minapolitan nan elok.

Disebutkannya bahwa, project ini yang dibangun tak hanya ruas jalan di desa yang mayoritas warganya sebagai nelayan dan petani ini.

Namun, juga meliputi saluran air hingga bangunan-bangunan rumah warga bercorak Dhurung khas Pulau Bawean yang menjadi ikon kawasan tersebut, sekaligus simbol mata pencaharian masyarakat Sidayu, yakni nelayan dan perikanan yang terkenal sejak dulu.

"Di Tahun 2022 program ini sudah membangun 45 unit rumah dari bantuan kementerian, dan 2 rumah dari bantuan APBD Gresik. Kemudian 6 ruas jalan beserta saluran, dan juga 1 ipal komunal, sekaligus bantuan dari APBD tahun 2023. Program ini sudah sangat maksimal, sehingga kita didampingi banyak program," paparnya.

Ia berharap, penataan Kawasan Minapolitan dapat membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Randuboto. 

Khususnya, nelayan dan sektor perikanan. Sesuai kawasan berdasarkan prinsip-prinsip yang terintegrasi, efisiensi, berkualitas, dan percepatan.

"Dampak positifnya, tentu sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya bagi peningkatan ekonomi, karena penataan pemukiman dan ruas jalan ini tidak terlepas dari memberikan kemudahan fasilitas dan akses bagi masyarakat, sehingga aktivitas ekonomi semakin lancar," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO