​Sejarawan Nasional Roso Daras Kunjungi Rumah Mas Kecil Presiden Soekarno di Kediri

​Sejarawan Nasional Roso Daras Kunjungi Rumah Mas Kecil Presiden Soekarno di Kediri Penulis sejarah Bung Karno, Roso Daras (nomor 3 dari kiri) dan Tim saat berada di Ndalem Pojok. (Ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejarawan nasional dan juga penulis sejarah Bung Karno, Roso Daras, mengunjungi rumah masa kecil Presiden RI Ir. Soekarno, Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (26/07/2024).

Saat datang ke Ndalem Pojok, Roso Daras, sempat mengaku sebagai anak ideologis Bung Karno dan telah melakukan napak tilas jejak Bung Karno di berbagai tempat di Indonesia dan baru kali ini berkunjung ke Ndalem Pojok.

“Semua tempat sejarah Bung Karno telah saya kunjungi. Surabaya, Blitar, Ende, Bengkulu, Parapat, Bangka, Toba dan tempat lainnya. Alhamdulillah sekarang saya bisa ke Ndalem Pojok setelah dari Ploso,” kata Roso Daras.

Paginya sebelum ke Ndalem Pojok Roso Daras bersama tim dari Jakarta, juga mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno di Ploso Jombang.

“Sebelum ke Ndalem Pojok ini saya ke Ploso melihat rumah Bung Karno yang rencananya oleh pemerintah Jombang akan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, berdasarkan satu telaah teman-teman TACB Jombang, yang menyebutkan bahwa tahun dan tempat kelahiran Bung Karno yang benar adalah Ploso 1902,” beber penulis buku “Total Bung Karno” ini.

Kehadiran Roso Daras ke Ndalem Pojok bersama tiga asisten, Raried Wijdan dari Samudera Fatka sebagai Tim Peneliti, Dimas Fotografer dan Yulis Abdi Kameramen.

“Saya merasakan aura positif dan daya spiritual yang luar biasa di Ndalem Pojok ini,” pungas Roso Daras.

Sementara itu, Ketua Harian Situs Ndalem Pojok, Kushartono, menjelaskan bahwa Roso Daras adalah sejarawan yang memang fokus terhadap sejarah Bung Karno.

“Alhamdulillah kami sangat berterima kasih, Bapak Roso Daras berkenan mengunjungi Ndalem Pojok ini, "ucap Kushartono. (uji/ns)

Penulis sejarah Bung Karno, Roso Daras (nomor 3 dari kiri) dan Tim saat berada di Ndalem Pojok. (Ist).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO