Galakkan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, Panwascam Karangpilang Launching Cangkruk Pengawasan

Galakkan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024, Panwascam Karangpilang Launching Cangkruk Pengawasan Jajaran Panwascam Karangpilang dalam launching Cangkruk Pengawasan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dengan dukungan  Surabaya Panwascam atau Pengawas Pemilu Kecamatan Karangpilang secara resmi meluncurkan 'Cangkruk Pengawasan', Kamis (24/10/2024).

Siti Khamila selaku ketua dalam agenda tersebut mengatakan, kegiatan ini dilakukan antara sinergi bersama Panwascam se-Surabaya di 31 titik warung kopi yang tersebar pada setiap kecamatan. Acara dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat di tingkat kecamatan, dan warga setempat.

Baca Juga: Bawaslu Pamekasan Tetapkan Adanya Dugaan Money Politic Tim Paslon Kharisma

Perempuan yang juga menjabat sebagai Divisi HPPM HM Panwascam Karangpilang itu menjelaskan bahwa tujuan dari Cangkruk Pengawasan yakni menguatkan hubungan antara Surabaya dengan cara hadir di tengah masyarakat. 

"Dengan demikian, publik dapat dengan mudah mengakses informasi pengawasan, melakukan diskusi, dan turut serta mengawasi proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta wali kota dan wakil wali kota pada tahun ini," ucap Mila, sapaan akrabnya.

Menurut dia, warung kopi merupakan salah satu pusat interaksi sosial masyarakat di Kota Pahlawan yang dianggap berpotensi untuk menyosialisasikan berbagai isu-isu penting pengawasan, terutama kerawanan pemilihan yang potensial menjadi pelanggaran pada pesta demokrasi di Surabaya.

Baca Juga: Didesak Patuhi Regulasi, KPU Surabaya Tegaskan Pilkada 2024 Berjalan Sesuai Aturan Perundangan

"Program ini dinilai sebagai gebrakan yang memungkinkan jangkauan sosialisasi mengenai pengawasan dengan lebih luas, serta masif. Cangkruk Pengawasan juga mengindikasikan bahwa seluruh elemen masyarakat memegang peranan penting dalam proses demokrasi yang sehat dan dinamis," paparnya.

Untuk menunjang program ini, kata Mila, Surabaya memasang stan cangkruk pengawasan yang berisikan ajakan pengawasan partisipatif, tolak politik uang, tolak berita hoaks, kampanye hitam, serta ajakan untuk menjaga netralitas ASN/TNI/Polri, sekaligus informasi terkait tata cara melaporkan pelanggaran kepada Surabaya.

"Melalui program ini, Surabaya serta Panwascam Karangpilang berharap masyarakat dapat memahami pentingnya peran mereka dalam mengawasi dan menjaga jalannya Pemilihan yang berintegritas dan kondusif," pungkasnya. (*)

Baca Juga: Cabup Mas Iin Siapkan Program Beasiswa Universitas hingga Lulus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO