Pesawat TNI AU Jatuh di Yogya saat Akrobatik, Dua Pilot Tewas

Pesawat TNI AU Jatuh di Yogya saat Akrobatik, Dua Pilot Tewas Kepulan asap di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, tempat jatuhnya pesawat TNI AU, 20 Desember 2015. foto: path/tempo.co

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pesawat milik TNI AU jenis T50i jatuh saat sedang melakukan akrobatik pada Atraksi Gebyar Dirgantara AAU. Pesawat tersebut jatuh di dalam perkampungan, dekat Landasan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, sekitar pukul 09.40 pagi ini.

“Iya benar, dua pilot kami tewas,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, saat dihubungi, Minggu, 20 Desember 2015.

Berdasarkan keterangan Badarmanto, kedua pilot yang tewas adalah Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kapten Pnb Dwi Cahyadi. “Penyebabnya belum diketahui, kronologis jatuhnya bagaimana juga masih kami selidiki,” ujarnya.

Selama dua hari ini, 19-20 Desember, Atraksi Gebyar Dirgantara AAU sedang berlangsung di Landasan Udara Adisutjipto.

Acara tersebut menghadirkan 57 tempur, di antaranya jenis T50i, F16, dan Sukhoi. Selain itu, turut dalam atraksi Dinamic Pegasus dan Jupiter Aerobatic Team. Acara dibuka kemarin, oleh Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, yang ditandai dengan atraksi Su-30, T50, dan The Jupiter.

Seorang saksi mata, Wisnutomo menuturkan tempur latih T150 Golden Eagle terbang terlalu rendah, berputar-putar lalu jatuh.

"Kejadiannya pukul 10.00 kurang sedikit, saya lihat pas mau naik ke atas, naiknya terlalu rendah habis itu  muter-muter, kemudian langsung jatuh," tutur Wisnutomo dilansir detik.com, Minggu (20/12/2015).

Sumber: Ttmpo.co/detik.com

Lihat juga video 'Minta Pesawat yang Bisa Mendarat di Matahari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO