Kios Pupuk Merasa Diberatkan 'Peraturan' Petro Kimia Gresik dan Distributor

BONDOWOSO (bangsaonline) - Terkait kelangkaan subsidi jenis urea di kabupaten Bondowoso, dibantah oleh Suprapto, Ketua HKTI Bondowoso, setelah dirinya mendapat teguran dari berbagai pihak, karena memberikan pernyataan di Media.

Suprapto mengatakan, bahwa di Bondowoso tidak ada kelangkaan jenis urea, yang terjadi kelangkaan saat ini adalah produk PT Petro Kimia Gresik, seperti jenis ZA, karena memang ada pengurangan dari produsen.Secara Nasional memang ada pengurangan untuk jenis ZA.

"Yang terjadi saat ini, Distributor terkesan memaksakan kios ditingkat pengecer, karena kalau mau mengecer ZA ke petani, Kios diwajibkan membeli SP-36, Ponska, dan Petro organik, hal ini sangat memberatkan kios,” ujar Suprapto, Selasa (6/5) kemarin.

Menurutnya, PT Petro Kimia Gresik, hanya melakukan anjuran kepada Distributor agar disampaikan kepada petani untuk menggunakan berimbang, jadi sifatnya hanya himbauan, bukan suatu keharusan untuk membeli paketan.

“Tapi anehnya, Distributor menekan kios untuk menyertakan ZA,SP-36, Ponska, dan Petro organik, sedangkan petani hanya mau membeli ZA, sehingga harga ZA yang seharusnya Rp.70 ribu per 50kg/persak, sekarang sudah melambung menjadi Rp.125 ribu persaknya,” tegasnya.

Dengan kejadian seperti itu, petani akhirnya kembali memborong jenis urea, sehingga kios kekurangan. Namun, seandainya pihak Distributor tidak menyertakan lainnya, dipastikan tidak terjadi kelangkaan, terutama jenis ZA.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO