Disdik dan Dinkes Sumenep Belum Terapkan Absen Online, Banyak PNS Indisipliner

Disdik dan Dinkes Sumenep Belum Terapkan Absen Online, Banyak PNS Indisipliner Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumenep, Titik Suryati. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Meski di dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sumenep banyak PNS indisipliner, tapi dua SKPD itu belum menerapkan absen online. Masing-masing SKPD itu adalah Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Padahal banyak kalangan menilai absen online itu diyakini bisa menekan jumlah PNS yang mengabaikan tugas.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumenep, Titik Suryati, memaparkan yang sudah siap melaksanakan absen online sebanyak 15 SKPD, di antaranya adalah BKPP sendiri, Sekretariat Kabupaten, Kominfo, Bappeda, Disdukcapil dan lainnya. 15 SKPD itu saat ini sudah memiliki fiber optik sebagai fasilitas absen online, sementara lainnya belum ada, termasuk Disdik dan Dinkes.

“Untuk SKPD yang lain masih menyusul,” paparnya, Sabtu (16/4).

Titik menjelaskan, alat absen online itu disediakan sendiri oleh masing-masing SKPD. Untuk pengadaan perangkat yang ada di BKPP sendiri menelan biaya kisaran sebesar Rp 80 juta. Meski SKPD lain belum memiliki fiber optik, dalam tahun ini kemungkinan besar tetap bisa menjalankan absen online, sebab akan ada perpanjangan jaringan dari Kominfo ke masing-masing SKPD yang tidak memiliki perangkat absen online itu, termasuk di antaranya ke Disdik dan Dinkes.

Ditambahkan Tititk, adanya absen online itu bermula dari keinginan mengefektifkan kerja PNS, sehingga kinerja PNS semakin bagus dibandingkan sebelumnya.

“Semangat diadakannya absen online adalah untuk meningkatkan kinerja para abdi negara,” tutup Titik. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO