​BI yang Jatuhkan Bung Karno, Kini Melansir Utang Indonesia Terus Meroket, Rp 4.222 Triliun

​BI  yang  Jatuhkan Bung Karno, Kini Melansir Utang Indonesia Terus Meroket, Rp 4.222 Triliun ilustrasi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Inilah guyonan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Aziz. Menurut dia, Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno 'diturunkan' oleh (BI). Kondisi ekonomi di mana angka inflasi dan kemiskinan melonjak tinggi disebut membuat keadaan negara bergejolak.

"Jadi BI lah yang 'menjatuhkan' Soekarno dulu. Seperti tahun 1960-an sebab hampir 600 persen inflasinya, pada saat itu bagaimana peredaran uang sangat tinggi," katanya disambut tawa peserta seminar dalam sambutannya mengenai Tata Kelola Pelaporan keuangan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (19/5).

Menurut dia, peran BI dalam menjaga inflasi sangat signifikan. Maka dari itu, dibutuhkan suatu lembaga pengawas kerja bank sentral tersebut.

Meski sudah ada Badan Supervisi (BSBI), namun, Harry menilai fungsi lembaga tersebut belum maksimal. Sebab, BSBI disebut hanya bertugas menganalisis bukan mengawasi.

"Ini BSBI dulu diusulkan Presiden, orang tuh bukan mengawasi tapi menganalisis untuk mengawasi," kata Harry.

"Ini yang harus mengatur bagaimana kinerja BI, harus ada secara unsur pemerintahan yang mengukur hal tersebut," tambahnya.

Yang menarik, sebelumnya, BI melansir data terbaru mengenai posisi utang luar negeri Indonesia. Per Maret 2016, utang luar negeri Indonesia tercatat sebesar USD 315,98 miliar atau setara dengan Rp 4.222 triliun (kurs hari ini). Angka utang ini naik dibanding bulan sebelumnya atau Februari 2016 yang tercatat hanya USD 312,22 miliar.

Posisi utang per Maret 2016 ini juga naik jika dibanding posisi akhir tahun lalu yang hanya USD 309,98 miliar.

Dikutip dari data resmi Bank Indonesia, utang luar negeri Indonesia sebesar USD 315,98 miliar ini terdiri dari utang luar negeri pemerintah bersama serta swasta.

Porsi utang luar negeri pemerintah sendiri mencapai USD 146,16 miliar dan sebesar USD 5,14 miliar. Total utang keduanya adalah USD 151,31 miliar. Total utang ini naik dari bulan sebelumnya yang hanya uSD 146,86 miliar.

Sumber: merdeka.com

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO