Mengatasi Trauma Kepala dengan Lapisan Otak Buatan dari Air Kelapa

Mengatasi Trauma Kepala dengan Lapisan Otak Buatan dari Air Kelapa Durameter buatan yang menyerupai kertas tisu. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Air kelapa sebagai bahan dasar pembuatan Lapisan otak buatan? Kedengarannya ganjil, aneh, tetapi nyata. Itulah hasil inovasi mahasiswa Universitas Airlangga yang berhasil membuat duramater (lapisan otak) buatan untuk menangani cedera kepala yang berbahan dasar air kelapa.

Kelima mahasiswa UNAIR tersebut adalah Inas Fatimah (21, ketua tim), Fadila Nashiri (22), Karina Dwi Saraswati (22), Andini Isfandiary (22) dan Fathania Nabilla (20). Semuanya dari prodi Teknobiomedik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Univesitas Airlangga.

Dijelaskan oleh Inas, 60% kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas dimulai dengan terjadinya cedera kepala. Dari cedera kepala inilah membuat duramater robek, sehingga terjadi akumulasi darah antara duramater dan permukaan dalam tengkorak (inner surface). Untuk itulah dibutuhkan pembedahan dengan penggantian lapisan otak berupa duramater artificial.

Sedangkan duramater yang selama ini digunakan adalah duramater yang terbuat dari silikon. Padahal duramater yang terbuat dari silikon ini bersifat toksik, sehingga tidak aman apabila diaplikasikan ke dalam tubuh.

Oleh karena itu dengan arahan dosen pembimbing Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes., kelima mahasiswa tersebut mencoba membuat duramater artficial yang bersifat biokompatible, sehingga dapat diterima oleh tubuh.

“Kami mencoba memanfaatkan limbah yang selama ini dibuang yaitu air kelapa, sehingga dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat untuk digunakan sebagai lapisan otak buatan,” ujar Inas Fatimah, ketua kelompok.

Prosesnya, air kelapa itu difermentasikan dengan Acetobacter xylinum sehingga menjadi selulosa bakteri, yang kemudian ditambahkan kolagen untuk meningkatkan biokompabilitas, dan memicu pertumbuhan sel serta mengontrol kuat tariknya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO