Dilarang Pakai Jaring Cantrang, Ratusan Nelayan di Probolinggo Blokir Jalan

Dilarang Pakai Jaring Cantrang, Ratusan Nelayan di Probolinggo Blokir Jalan Aksi Massa Nelayan saat memblokir jalan dan mendatangi Kantor DPRD.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Larangan menggunakan jaring cantrang direspon keras para nelayan Kota Probolinggo. Ratusan nelayan melakukan aksi protes dengan memblokir jalan dan menggelar aksi demo ke kantor DPRD dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat.

Mereka kesal aspirasinya tidak ditanggapi Dinas Perikanan soal penggunaan jaring cantrang ikan beberapa waktu lalu. Aksi nelayan makin panas karena kepala dinas tak kunjung menemui mereka. Seorang istri nelayan, Sa'adah mengeluh karena suami dan nelayan lainnya tidak bisa melaut. Mereka menganggur dan harus mencari pekerjaan lain.

Nelayan lain, Ahmad Jupri mengaku rugi jika kondisinya menganggur. "Tuntutan nelayan bisa kerja dan melaut, karena biaya dan peralatan di kapal sudah siap. Kalau dibiarkan begitu saja, rugi kita kalau begini terus," tambah Ahmad Jupri.

Para nelayan pun mengancam akan mendatangi kantor dinas perikanan dan kantor gubernur Jawa Timur, jika tuntutannya tidak terpenuhi. Mereka pun meninggalkan kantor dinas perikanan dan melakukan konvoi menuju kantor DPRD Kota Probolinggo.

Sementara polisi menghalau massa agar tidak memblokir jalan dan mengawal aksi tersebut hingga para nelayan membubarkan diri.(ndi/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO