Awas! Kandang Tak Bersih, Kambing Rentan Terserang Penyakit

Awas! Kandang Tak Bersih, Kambing Rentan Terserang Penyakit Petugas Disnak saat melihat kandang kambing masyarakat.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten melakukan pemantauan dan bimbingan teknis (bimtek) bagi 20 peternak kambing di Desa Leduk, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman soal kebersihan kandang ternak, sehingga ternak dapat terhindar dari serangan penyakit seperti cacingan, gatal-gatal, pilek, dan sebagainya.

Menurut keterangan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan Drh Irianto, Bimtek kepada para peternak kambing selain untuk memberikan pemahaman soal higienis sanitasi di lingkungan kandang ternak, juga untuk merubah perilaku mereka agar selalu menjaga kebersihan kandang.

"Rata-rata peternak kambing di wilayah Pasuruan mempergunakan kandang mereka untuk tempat istirahat atau pun tempat tinggal. Parahnya, mereka kurang memperhatikan soal kebersiha. Pengelolaannya rata-rata masih tradisional. Padahal, jika kandang kurang bersih, hawan peliharaan tersebut rentan diserang penyakit," jelas Irianto yang didampingi Kabid Keswan Ir Bambang Cahyo.

Meski secara medis penyakit ternak bisa disembuhkan, namun bila tidak diperhatian sejak dini maka bisa merugikan peternak. "Juga berdampak buruk pada produktivitas hewan," tambah Irianto

"Pada intinya, peternak kami minta untuk menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, juga pemeriksaan kesehatan secara berkala," pungkasnya.

Di sela acara Bimtek tersebut, Dinas Peternakan memberikan bantuan berupa obat lalat, sprayer, desinfektan, serta sabun tangan secara gratis. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO