Baru 4 Parpol di Kota Kediri yang Daftar ke KPU

Baru 4 Parpol di Kota Kediri yang Daftar ke KPU PDI Perjuangan saat mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 di KPUD Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hari ke sembilan sejak dibukanya pendaftaran peserta Pemilu 2019 di KPUD Kota Kediri, baru empat Partai Politik di Kota Kediri yang mendaftar. Padahal berdasarkan schedule, pendaftaran akan ditutup hingga 16 Oktober, dan masih ada 10 partai yang belum mendaftar.

Ketua KPUD Kota Kediri Agus Rofik mengatakan, hingga saat ini ada beberapa partai yang mulai mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu, baik partai baru maupun partai yang telah ada di Kota Kediri ini. Di antaranya PSI dan Perindo. Hari ini yang mendaftar adalah Partai Amanat Nasional (PAN) serta PDI Perjuangan.

"Untuk persyaratan yang dibawa adalah nama anggota yang dilampiri dengan salinan kartu anggota partai dan salinan KTP Elektronik," katanya, Rabu (11/10).

Untuk verifikasi Parpol yang telah mendaftar ada dua tahap verifikasi, yakni verifikasi dengan penelitian administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi faktual dilakukan secara acak nama sejumlah anggota yang disetorkan ke KPUD pada saat pendaftaran.

“Kita mengambil sampling 10 persen dari nama anggota yang disetorkan, dan sampling ini dilakukan secara acak," tandasnya.

DPD yang kemarin juga mendaftar, mengaku menyerahkan nama 378 anggota dari 2 kecamatan.

Ketua DPD PAN Abdul Bagi yang menyerahkan sendiri formulir pendaftaran ini mengatakan jika target dalam pemilu 2019 tidak berubah. “Tadi kita serahkan sekitar 300-an, ini kecamatan Mojoroto belum. Untuk target DPD tetap, Insyaallah tetap 9 kursi untuk 2019," kata Abdul Bagi.

Di hari yang sama, PDI Perjuangan juga turut mendaftar. Ketua DPC Agus Sunoto, bahwa pendaftaran ini PDIP dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

"Di Kediri DPC PDIP dalam pendaftaran menyerahkan nama anggota sebanyak 488 nama dari 3 kecamatan. Sebenarnya kita setor 500 nama karena ternyata ada anggota kami yang telah meninggal dan tidak ada KTP-nya, jadi jumlah tinggal 488, ini untuk PDIP ini serentak pendaftarannya, " kata Agus Sunoto. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO