Unik, Jualan Buku Bekas Sampai Dini Hari

Unik, Jualan Buku Bekas Sampai Dini Hari Ilham di gerai bukunya. foto: A ZULVA/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Adalah Ilham Efendi (36), seorang penjual buku bekas di Kampung Buku yang konsisten berjualan hingga dini hari. Adakah yang membeli buku di saat dini hari?

Jika penjual buku lain sudah menutup gerainya pada pukul 21.00 wib, dan gerbang kampung buku pun telah ditutup. Tetapi Ilham malah tetap membuka gerainya. “Jika ada yang ingin beli buku, barulah saya buka gerbangnya,” kata dia.

“Mindset sangat memengaruhi kesuksesan berwirausaha, kalau kita hanya membatasi waktu buka, ya tidak tahu kapan rezeki datang kepada kita. Yang terpenting konsisten,” ujarnya saat dijumpai di kios buku.

Efendi sangat yakin, pintu rezeki dibuka 24 jam, asalkan ada kemauan. “Tergantung, kita mau jemput bola atau tidak,” ucap dia.

Ia memaparkan, jika waktu yang digunakan sebaiknya digunakan untuk berjaga toko, ketimbang nongkrong bersama teman-temanya di warung kopi.

Dia pun bercerita, sebelum memfungsikan dua toko yang saat ini dia miliki, tahun 2000 ia sempat jualan buku di emper sepanjang Jl Semarang. “Ada relokasi dari Dinas Pekerjaan Umum, jadi semua penjual di pindah ke dalam,” tandasnya.

Ia pun mengaku, nasib yang menimpanya saat menjadi penjual asongan sering buku yang ia jual rusak terkena hujan, dan saat jualan kepanasan. Kini, dia dan dagangan aman dari hujan dan panas.

Mengenai koleksi buku, di toko milik Efendi punya banyak varian, dari buku pelajaran sekolah, buku kuliah, sastra, hingga anak-anak. “Rugi gak apa-apa, asal koleksi buku dagangan diupdate terus, tergantung modalnya. Kalau gak ada pembaharuan, gak dapat uang,” jelas dia.

Simak berita selengkapnya ...