​Usai Lebaran, Stok Pangan di Pacitan Dipastikan Aman

​Usai Lebaran, Stok Pangan di Pacitan Dipastikan Aman Bambang Supriyoko, Kepala Dinas Pangan Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pasca Ramadan dan Lebaran, stok sejumlah komoditas bahan pokok di tentu banyak berkurang. Namun begitu, Dinas Pangan setempat memastikan stok pangan selama 3 hingga 4 bulan ke depan masih relatif aman.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Bambang Supriyoko, Kepala Dinas Pangan , Kamis (21/6). Meski begitu, pihaknya mengaku tetap mempersiapkan diri seandainya terjadi fenomena alam di luar kemampuan manusia. Yaitu ancaman bencana kekeringan, utamanya di wilayah barat Kota .

"Di wilayah tersebut masyarakat petani bertumpu pada lahan-lahan kering yang hanya bisa panen sekali dalam setahun. Tentu produktivitas yang dihasilkan tidak maksimal. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dikhawatirkan akan terganggu," ujarnya.

Sementara itu, untuk ketersediaan pangan di gudang pangan milik Pemkab , mantan kepala Dishub ini menegaskan kalau tahun ini tengah dilaksanakan proses pengadaan beras sebanyak 30 ton.

"Beras tersebut akan dialokasikan untuk pangan transien. Misalnya seperti di daerah yang terdampak bencana sehingga lahan persawahannya banyak yang menyempit karena rusak diterjang banjir. Di situlah beras cadangan pemerintah akan dialokasikan," tegasnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO