Soal Bau Limbah di Desa Baujeng, Perusahaan Janji Penuhi Tuntutan Warga

Soal Bau Limbah di Desa Baujeng, Perusahaan Janji Penuhi Tuntutan Warga Aksi warga Desa Baujeng menutup akses jalan raya Bangil-Pandaan untuk memprotes bau limbah.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aksi ratusan warga Desa Beujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan yang melakukan demo di balai desa sambil menutup jalan raya Bangil-Pandaan akhirnya berujung mediasi. 

Perwakilan warga menggelar pertemuan dengan beberapa perusahaan yang difasilitasi jajaran Muspika Kecamatan Beji. Namun, pertemuan ini berjalan cukup alot. Pasalnya, warga meminta penanganan kasus limbah harus bisa rampung hari itu juga. Situasi sedikit reda setelah perusahaan berjanji memenuhi tuntutan mereka. 

Camat Beji Taufiqul Ghoni yang menemui warga, berjanji akan menyelesaikan permasalahan limbah yang selama ini menyengsarakan masyarakat secepatnya. Beberapa perusahaan yang disinyalir melakukan pembuangan limbah cair sudah dilakukan pengecekan ke lapangan dan pengambilan sampel.

”Kita bersama dengan Muspika mendatangi perusahaan untuk melihat langsung IPAL perusahaan “ jelas Ghoni.

Sebelumnya, warga Beujeng serta perwakilan desa-desa terdampak limbah menggelar aksi demo. Aksi protes warga itu mendapat pengawalan ketat dari kepolisian Polres Pasuruan, Kodim 0819, serta Satpol PP. Pasalnya, selain menutup jalan, warga juga melakukan pembakaran ban serta membawa ratusan poster yang dipasang di sepanjang jalan. 

Aksi demo dilakukan lantaran adanya limbah dari beberapa perusahaan yang dibuang di sungai selama bertahun-tahun hingga mencemari sumur warga. Dalam aksinya, warga juga melakukan petutupan akses jalan Bangil-Pandaan.

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, aksi penutupan jalan yang dilakukan oleh warga dengan menggunakan bambu serta truk yang diparkir melintang di jalan raya.

Warga juga membentangkan beberapa tulisan yang isinya memprotes lambatnya pihak pemerintah dalam hal ini DLH yang dianggap kurang tanggap menangani masalah limbah di Desa Buejeng sekak 2011 silam yang tak pernah beres.

Aksi demo ratusan warga ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Mereka berkumpul di halalaman kantor desa dengan menggunakan pengeras suara untuk menyampaikan aspirasinya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Diduga Gelapkan Uang, Kasun di Kabupaten Pasuruan Didemo Ratusan Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO