Antisipasi Virus Corona, RS di Jember Ini Terapkan Standar Precaution

Antisipasi Virus Corona, RS di Jember Ini Terapkan Standar Precaution Pasien ataupun pengunjung juga diperiksa suhu tubuhnya sebagai tambahan informasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Virus Corona COVID-19, RS Siloam (Siloam Hospitals) Jember menerapkan standart precaution atau standar tindakan pencegahan infeksi kepada para pasien, pengunjung, vendor, dokter, bahkan karyawan rumah sakit.

Diketahui sejak 7 Maret 2020 kemarin, standart precaution yang dilakukan, yakni dengan screening suhu tubuh dan mengisi formulir yang harus diisi saat akan masuk ke wilayah rumah sakit.

"Beberapa minggu terakhir, terdapat peningkatan kasus demam dan flu di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Harus diingat bahwa tidak semua kasus demam dan flu adalah COVID-19. Seseorang dinyatakan terdiagnosis COVID-19 hanya pada saat Kementerian Kesehatan memberikan pengumuman tersebut," kata Business Development Head Division Siloam Hospitals Jember, dr. I. Bayu Angga D saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Rabu (11/3/2020).

Ia menjelaskan, untuk langkah antisipasi yang dilakukan rumah sakitnya, diterapkan international best practice dan pembelajaran dari negara-negara lain.

"Serta kami patuh pada proses yang ditetapkan oleh pemerintah secara ketat, antara lain dengan memperketat akses masuk (limitasi akses masuk dan skrining kesehatan sebelum masuk gedung), yang dilakukan di pintu utama dan pintu IGD. isolasi pasien dengan kriteria pemantauan dan pengawasan, serta isolasi dokter dan staf yang terpapar pasien dengan gejala tertentu," ulasnya.

Pria yang akrab dipanggil dokter Bayu ini menjelaskan, langkah screening yang dilakukan, yakni diminta mengisi formulir yang telah disediakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO