Seniman tak Diperhatikan, Ketua DK3P Gelar Aksi Jalan Kaki Jualan Alat-alat Seni dan Budaya

Seniman tak Diperhatikan, Ketua DK3P Gelar Aksi Jalan Kaki Jualan Alat-alat Seni dan Budaya Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua DK3P Kabupaten Pasuruan memikul alat kesenian di Halaman Kantor Pemkab.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DK3P), melakukan aksi berjualan barang-barang kesenian dengan berjalan kaki, dimulai dari Pendopo Kabupaten Pasuruan hingga ke Kantor Pemkab, Rabu (13/5/2020) siang

Aksi jalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 2 kilometer ini dilakukan, karena para seniman di Pasuruan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, apalagi bantuan saat pandemi Covid-19.

Dalam aksinya, Ki Bagong berjalan kaki memikul barang-barang alat kesenian dan kebudayaan yang bertuliskan, "dijual". Di lehernya, terkalung sebuah tulisan yang berbunyi "Pak Bupati, Pak Ketua DPRD, Pean tumbas barang-barang kulo, damel nedho".

Ketua DK3P itu juga menyuarakan aksinya dengan berkata, "Tolong belilah jualanku ini, agar para seniman dapat menyambung hidup di tengah pandemi Covid-19 ini".

Adapun barang-barang yang dijualnya, seperti topeng, blangkon, udeng, keris, wayang, pecut, kuda lumping, gelang, dan lain sebagainya.

Aksi ini dilakukan, agar pemerintah Kabupaten Pasuruan, setidaknya membeli barang-barang kesenian, atau memberi bantuan yang nyata untuk para pelaku seni di Pasuruan.

"Apakah para seniman ini dibiarkan mati kelaparan begitu saja?," tanya Ki Bagong sambil orasi.

Sayang aksi berjalan kaki seorang diri ini tak mendapat respons dari pemkab maupun dinas terkait. "Saya gak butuh ditemui, tapi pemerintah kalau mau berikanlah sumbangan, jangan hanya janji," pungkas Ki Bagong. (afa/zar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO