Gandeng Dinkes, KONI Pamekasan Rapid Test para Atlet Persiapan Porprov

Gandeng Dinkes, KONI Pamekasan Rapid Test para Atlet Persiapan Porprov Para atlet, pelatih, dan pengurus KONI Kabupaten Pamekasan mengikuti rapid test di gedung Muhammadiyah Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan rapid test terhadap para atlet, pelatih, dan pengurus yang dipersiapkan untuk ajang Porprov 2022.

Kegiatan rapid test gratis ini diikuti 117 atlet, pelatih, dan pengurus bertempat di aula Panti Asuhan Muhammadiyah, Jl. Bahagia Kelurahan Bugih, .

Menurut Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten , dr. Nanang Suyanto, tujuan utama dari pemeriksaan ini untuk deteksi dini dan dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19.

"Hasil yang kita dapatkan, ada tiga yang reaktif. Yaitu 1 atlet, 1 pelatih, dan 1 pengurus KONI," ungkap dr. Nanang, Rabu (08/07/20).

Mantan Kepala Puskesmas Teja ini menambahkan, ketiga orang yang rapid test-nya reaktif disarankan untuk isolasi mandiri selama 14 Hari, dan melakukan pemeriksaan swab untuk mengonfirmasi atau menegaskan diagnosis, positif Covid-19 atau tidak.

"Kami sangat apresiasi karena inisiatif ini datang dari pengurus KONI. Kami hanya berusaha untuk memfasilitasi pemeriksaan pada atlet-atlet dan pelatih, sehingga diharapkan atlet-atlet yang mau berlomba ini dalam keadaan sehat," katanya.

Terpisah, Ketua KONI Lukman el-Hakim berharap semua atlet dalam kondisi sehat, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan maksimal dalam menghadapi Porprov 2022.

Sedangkan Wahyudi, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten , menyambut baik rapid test ini. Menurutnya, rapid test sangat penting bagi para atlet yang beraktivitas tinggi dan sering berinteraksi dengan pelatih maupun atlet lain.

"Alhamdulillah, atlet dan pelatih dari cabor panjat tebing dalam rapid test semuanya nonreaktif dan selalu ditekankan untuk selalu mematuhi dan disiplin protokol kesehatan Covid-19," ujarnya. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO