Touring Berujung Corona, 9 Anggota Klub Moge di Kabupaten Blitar Positif Covid-19

Touring Berujung Corona, 9 Anggota Klub Moge di Kabupaten Blitar Positif Covid-19 Krisna Yekti, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten mencatat penambahan 21 kasus positif Covid-19 per 29 Juli kemarin. 21 orang yang terpapar Covid-19 tersebut yakni 4 tenaga kesehatan (Nakes), 8 warga dari empat kecamatan di antaranya Kecamatan Gandusari, Sutojayan, dan Garum. Sementara 9 sisanya berasal dari klaster baru, yakni klaster klub motor gede (Moge).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Krisna Yekti menyebut, terpaparnya 9 anggota klub moge ini masih berkaitan dengan klub gowes yang menularkan Covid-19 ke tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Dalam klub gowes tersebut, ada satu anggota yang juga ikut klub moge. Dia adalah seorang pria berusia 51 tahun warga Kecamatan Garum yang juga seorang nakes di sebuah rumah sakit swasta.

"Jadi ada satu pasien positif dari klub gowes yang juga ikut klub moge. Nah, pada hari yang sama, Minggu 12 Juli lalu, setelah paginya melakukan gowes bersama para nakes RSUD Ngudi Waluyo ke Ngusri, yang bersangkutan sorenya juga melakukan touring bersama teman-temannya klub moge Phantom ke Puncak Langit di Resampombo Kecamatan Doko," ujar Krisna, Kamis (30/7/2020).

Saat dilakukan tracing, Gugus Tugas menerima laporan jika dalam melaksanakan touring klub moge tersebut telah menerapkan protokol kesehatan dengan tidak melepas masker. Namun, saat mereka tiba di Puncak Langit, rombongan ikut bernyanyi bersama grup musik tradisional warga lokal. Saat itulah sebagian melepas masker untuk ikut bernyanyi.

Usai kegiatan tersebut, pasien mengalami gejala mengarah ke Covid-19. Kemudian ia melakukan swab test dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

"Tracing terus kami lakukan begitu ada kasus positif. Nah saat kami melakukan tracing di klub gowes ada yang memberi informasi jika yang bersangkutan juga sempat touring dengan klub moge di hari yang sama. Begitu ada informasi ini, kami langsung tracing di klub mogenya. Hasilnya, ketemu 49 orang yang ikut dalam rombongan. Semua langsung di swab test dan hasilnya ada 9 orang yang terkonfirmasi positif," pungkasnya. (ina/rev)

Puncak Langit di Desa Kalimas Kecamatan Doko, Kabupaten .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO