​Peringati Kemerdekaan RI, Polisi Ajak Warga Heningkan Cipta di Simpang Lima Banyuwangi

​Peringati Kemerdekaan RI, Polisi Ajak Warga Heningkan Cipta di Simpang Lima Banyuwangi Anggota Polresta Banyuwangi bersama warga sedang mengheningkan cipta di Simpang Lima.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Ada hal unik dalam memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Banyuwangi. Pasalnya, upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang biasanya digelar dengan diikuti ratusan peserta, kini ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona selama pandemi.

Untuk itu, mengajak masyarakat yang tengah melakukan aktivitas untuk berhenti sejenak guna mengambil sikap sempurna, mengheningkan cipta guna menghormati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Jalan Simpang Lima Banyuwangi Kota, Senin (17/8).

Tepat pukul 10.17 WIB, anggota kepolisian di Banyuwangi menyembunyikan sirine pertanda telah memasuki detik-detik proklamasi yang saat itu Bung Karno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 silam. Sebelumnya, beberapa anggota kepolisian berdiri tegap mengibarkan bendera merah putih tepat di tengah jalan persimpangan lima tersebut.

Sontak masyarakat yang berada di sekitar berhenti sejenak dan turun dari kendaraanya untuk mengambil sikap sempurna dan memberikan hormat sembari mendoakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Muhibut (55), salah seorang warga mengaku sangat terharu saat melakukan hening sejenak tersebut. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya atas perjuangan para pahlawan yang rela berkorban untuk kemerdekaan Indonesia.

"Mudah-mudahan arwah para Pahlawan di Indonesia diterima di sisi-Nya," kata Muhibut.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, hening sejenak tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan Detik-detik Proklamasi sekaligus mengenang jasa para pahlawan. Ia pun berpesan untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal yang positif.

"Kemerdekaan bukan sebuah tanda untuk mengakhiri perjuangan, tapi sebuah tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75. Sekali Merdeka Tetap Merdeka!" pekiknya.

Perlu diketahui, jajaran juga tetap melakukan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-75 secara internal di halaman Mapolresta Banyuwangi, Senin (17/8) pagi. Selain itu, beserta polsek jajaran juga menggelar doa bersama dengan pembacaan Surat Yasin untuk memohon ridho Tuhan YME, Allah SWT untuk Jatim khususnya Banyuwangi agar aman dan sejuk. (bwi1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO