Ini Janji Dhito Jika Terpilih Jadi Bupati Kediri

Ini Janji Dhito Jika Terpilih Jadi Bupati Kediri Bakal Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono saat menghadiri sarasehan budaya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - , Bakal Calon Bupati Kediri yang diusung 8 partai politik pemilik 48 kursi di DPRD Kabupaten Kediri, akan mendatangkan pematung terkenal asal Bali, Nyoman Nuarta ke Kabupaten Kediri untuk membenahi Monumen Simpang Lima Gumul. 

Hal itu dikatakannya di hadapan peserta sarasehan budaya yang digelar oleh Universitas Pawyatan Daha bekerja sama dengan Perkumpulan Komunitas Pelestari Budaya Kediri yang bertema Pelestarian Budaya Kediri sebagai Wujud Jati Dirinya.

Dhito menjelaskan alasannya menonjolkan pembenahan SLG jika terpilih menjadi Bupati Kediri di Pilkada serentak yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Menurutnya karena saat ini monumen Simpang Lima Gumul itu kurang mencerminkan ciri khas Kabupaten Kediri.

"Bila saya nanti ditakdirkan menjadi Bupati Kediri, maka saya akan mengundang pematung Bali Nyoman Nuarta untuk merancang ulang Monumen SLG untuk disesuaikan dengan ciri khas Kabupaten Kediri," kata Dhito, Selasa (1/9) malam.

"Nanti bisa dipertimbangkan di atas Monumen Simpang Lima Gumul dibangun bangunan yang berciri khas Kabupaten Kediri, sehingga bisa menjadi ikon Kabupaten Kediri. Bisa dibangun patung Raja Sri Aji Jayabaya di atas Monumen SLG. Saya akan minta bantuan Pak Nyoman Nuarta, seniman Bali yang merancang Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), kebetulan saya kenal baik dengan beliau," ujar Dhito.

Ditambahkan Dhito, dirinya juga akan membangun gedung kesenian dan kebudayaan serta membentuk Dewan Kesenian dan Kebudayaan di Kabupaten Kediri. Hal ini dilakukan agar pelaku kesenian dan budaya di Kabupaten Kedri bisa terhimpun menjadi satu.

"Bila pandemi Covid-19 sudah berakhir, maka even tahunan baik itu kesenian jaranan, seribu barong, even kesenian dan budaya lainnya akan tetap digelar dengan support penuh dari Pemkab Kediri," janji Dhito. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO