Sabtu, 19 Juni 2021 11:11

Pemkab Lamongan Kumpulkan Rp 21,5 Juta dari Denda Pelanggar Protokol Kesehatan

Jumat, 09 Oktober 2020 18:41 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Pemkab Lamongan Kumpulkan Rp 21,5 Juta dari Denda Pelanggar Protokol Kesehatan
Pelanggar yang terjaring operasi yustisi. (foto: TRIWIYOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Uang denda pelanggar protokol kesehatan Covid-19 yang terjaring operasi yustisi di Lamongan selama 24 hari terakhir mencapai angka Rp 21.500.000.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lamongan, Irwan Safari mengatakan, jumlah denda tersebut terkumpul sejak hari pertama operasi yustisi dilaksanakan. Tetapi jumlah tersebut masih terus bertambah karena pelanggar ada yang masih belum mengambil berkas.

"Ini dari angka itu ada 44 berkas yang belum diambil, dan per hari ini ada sebanyak 444 pelanggar," katanya, Jumat (9/10/2020).

Irwan menjelaskan, denda yang dikenakan kepada pelanggar protokol kesehatan cukup beragam, mulai dari Rp 10 ribu, Rp 30 ribu, Rp 50 ribu, Rp 75 ribu, hingga Rp 100 ribu.

BACA JUGA : 

Pelanggar Prokes Didenda Uang dan Beli Masker, Warga Kota Kediri Menyambut Positif

Tak Patuh Prokes, 41 Orang Terjaring Operasi Gabungan Tiga Pilar Kecamatan Tandes

Tekan Kasus Covid, Polres Blitar Kota Sosialisasi Prokes Libatkan Hantu Pocong

Kuntilanak pun Menyesal Tidak Menerapkan Protokol Kesehatan

"Denda beragam tergantung hakim ketua yang memutuskan. Namun untuk pelanggar yang terkena Rp 100 ribu, itu dikarenakan pelanggar tak hadir dalam sidang," jelasnya.

Denda yang didapatkan ini, lanjut Irwan, seluruhnya akan diberikan ke pemda, dan proses pemberian uang denda ini akan dilaksanakan secara bertahap setiap hari Jumat.

"Sampai 30 September 2020 kemarin, dikembalikan ke kas daerah dengan jumlah Rp 9.35 juta. Sisanya akan dilakukan penyetoran ke kas daerah di rekening Bank Jatim," lanjutnya.

Selain penerapan sanksi, Irwan berharap, petugas yang terlibat operasi yustisi juga selalu memberikan edukasi pada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Saya harap, semua masyarakat Lamongan agar tetap memakai masker guna untuk mencegah penyebaran Covid-19," harapnya. (yog/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Gapoktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Gelar Pertemuan, Anggota Gapoktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua, Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 18 Juni 2021 10:01 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...