UMKM di Gresik Tembus 178 Ribu, QA Siap Bantu Permudah Perizinan dan Pemasaran Produk

UMKM di Gresik Tembus 178 Ribu, QA Siap Bantu Permudah Perizinan dan Pemasaran Produk Cawabup Asluchul Alif saat paparkan program Kartu UMKM Bangkit di Kafe Majapahit Bungah. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masih banyaknya masyarakat Kabupaten Gresik yang bekerja di sektor industri berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) namun belum mengantongi izin, direspons Cabup dan Cawabup Nomor Urut 1, Moh. Qosim dan Asluchul Alif.

Paslon dengan akronim "QA" ini berjanji membantu kebutuhan UMKM, baik terkait perizinan, pembinaan, pendanaan, hingga pemasaran produk UKM, apabila terpilih sebagai bupati dan wakil bupati pada .

Tercatat, hingga saat ini sedikitnya ada 178 ribu UMKM tersebar di 18 kecamatan s- Kabupaten Gresik yang bergerak dalam pembuatan produk khas Gresik, mulai makanan, minuman, souvenir, dan kerajinan tangan lain.

Menurut Alif perlu ada sinkronisasi antarorganisasi perangkat daerah (OPD) dalam pengurusan izin di tingkat birokrasi. Sinkronisasi itu dapat membuat perkembangan UMKM semakin pesat.

"Jadi, tidak hanya Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), juga ada peran dari Dinas Perizinan dan pihak OPD terkait lain agar UMKM bisa lebih maju dan berkembang," kata Alif saat bertemu pelaku UMKM di Kafe Majapahit, Minggu (18/10/2020), malam.

Nantinya, lanjut Alif, UMKM yang ada di Kabupaten Gresik akan secara bergantian dipromosikan untuk membantu pemasaran mereka. Tidak hanya ke kalangan masyarakat Gresik, namun juga ke level regional dan nasional melalui marketplace dan virtual.

Alif menjelaskan bahwa pasangan QA mempunyai program unggulan untuk mendukung usaha warga. Salah satunya, menyiapkan Kartu UMKM Bangkit. Kartu ini membantu para pelaku usaha memiliki izin, serta membantu permodalan dan pemasaran.

"Kenapa harus pakai kartu? Karena data pelaku usaha akan tersistem dan jelas. Sehingga bantuan dari pemerintah daerah terukur dan sesuai dengan kebutuhan warga," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO