Rabu, 02 Desember 2020 19:12

Sidak Proyek Strategis, Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Minta Rekanan Lebih Serius

Senin, 19 Oktober 2020 17:11 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
Sidak Proyek Strategis, Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Minta Rekanan Lebih Serius
Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan saat melakukan sidak di Proyek Bina Marga Peningkatan Jalan Gembyang-Sidogiri Kraton. (foto: ist)

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan mulai gencar melakukan sidak ke beberapa proyek strategis. Sidak tersebut sebagai wujud implementasi fungsi parlemen dalam pengawasan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, H. Syaifulloh Damanhuri mengatakan, sidak yang dilakukan kali ini untuk mengetahui sejauh mana capaian pengerjaan proyek-proyek strategis nasional di wilayah Kabupaten Pasuruan.

"Pasalnya, anggarannya lumayan besar, seperti contoh Proyek Bina Marga Peningkatan Jalan Gembyang-Sidogiri Kraton, anggarannya lumayan, yakni Rp 2,5 miliar," ujar Politikus PPP tersebut, Senin (19/10/2020).

Ia mengungkapkan, dalam sidak tersebut pihaknya mendapati beberapa temuan, di antaranya progres pengerjaan fisik masih rendah, rekanan yang tidak menyiapkan direksi kit untuk kegiatan evaluasi dan rapat kerja, juga ada pelaksana tidak ada di tempat.

"Temuan saat sidak di proyek peningkatan jalan, yakni tidak ada direksi kit. Padahal, fungsinya sangat penting sebagai pusat aktivitas administrasi proyek, kegiatan rapat evaluasi, dan itu dianggarkan di RAB," ungkapnya.

"Komisi III juga melakukan sidak ke Proyek Pipa Jaringan Air Bersih di Kecamatan Rembang milik Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Pasuruan, dan yang mengejutkan, saat kami datang ke lokasi belum ada aktivitas pengerjaan dari kontraktor," sambungnya.

Senada, Sekretaris Komisi III, M. Zaini. Ia meminta kepada masing-masing OPD untuk memberikan teguran kepada masing-masing rekanan agar pembangunan tersebut bisa rampung tepat waktu. 

"Kami minta kepada para pelaksana untuk mengerjakan sesuai target waktu agar masyarakat bisa merasakan dampak dari pembangunan ini," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan melalui Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan, Cahyo Fajar menjelaskan bahwa untuk direksi kit proyek peningkatan jalan di Gembyang-Sidogiri Kraton sudah ada, yakni di wilayah Desa Ngempit. “Gak benar Mas, direksi kitnya ada kok," jawabnya singkat.

Sementara itu, Kepala DPKP Kabupaten Pasuruan, Ir. Harry Aprianto mengakui, progres pembangunan pipa jaringan air bersih di Kecamatan Rembang baru mencapai 10 persen. Untuk itu, pihaknya telah mengirim surat kepada rekanan untuk melakukan upaya percepatan pengerjaan seperti menggunakan alat berat untuk penggalian pipa maupun mendatangkan material.

"Kalau progresnya baru mencapai 10 persen. Upaya percepatan terus kita lakukan, salah satunya menggunakan alat berat," ujarnya. (bib/par/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...